Beranda > Romantika BMI > Ditampar Majikan, HK ID dan Uang Lenyap

Ditampar Majikan, HK ID dan Uang Lenyap

Tidak semua BMI bernasib baik, sebagaimana tidka semua majikan di Hong Kong itu baik. Masih muncul kasus kekerasan terhadap BMI, seperti dialami oleh BMI asal Ponorogo yang mengalami tindakan kekerasan dan pelecehan rasial oleh majikannya.

Menurut pengakuan Imah (bukan nama sebenarnya), sejak minggu pertama kerja majikan perempuannya selalu berteriak ketika menyuruhnya mengerjakan sesuatu. Awalnya Imah yang baru pertama kerja di Hong Kong ini mengira kejadian itu hanya sementara karena masih dalam masa adaptasi minimal tiga bulan. Namun, majikan perempuan makin menjadi-jadi, bahkan sudah berani main tangan.

“Majikan perempuan saya kalau marah teriak-teriak dan suka melempar benda kepada saya,” tutur Imah. “Terkadang sampai mengenai kepala dan wajah saya.”

BMI yang pernah bekerja di Singapura tiga tahun ini mengaku stres diperlakukan seperti itu. Ia merasa sudah tidak tahan karena majikannya berani memukul dan menampar menggunakan tangan. “Majikan juga pernah mengadukan masalah saya ke agen penyalur saya. Tapi ya itu tadi, disuruh bersabar,” ujar Imah lirih.

Teman Imah menyarankannya datang dan minta pengarahan dari Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK).

Yang membuat Imah heran, KTP Hong Kongnya raib bersama sisa gaji dari potongan agennya. “Padahal semalam, waktu majikan saya menyuruh saya membeli sesuatu, HK ID dan uang itu ada. Tapi waktu Minggu pagi, 8 Desember 2013, saya cari sudah tidak ada,” ceritanya dengan nada bingung.

Imah pun diarahkan DDHK untuk mengadukan masalahnya ke KJRI Hong Kong bagian masalah ketenagakerjaan.

Kini masalah Imah sudah ditangani pihak KJRI dan oleh KJRI dikembalikan ke agen karena masih terikat masa kontrak yang belum genap dua tahun. (Titie W/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *