Beranda > Indonesia > DMC Dompet Dhuafa Pasang 4 Bilik Disinfektan di RS Darurat Kemayoran

DMC Dompet Dhuafa Pasang 4 Bilik Disinfektan di RS Darurat Kemayoran

JAKARTA | INDONESIA – Tim Aksi Cegah dan Tangkal (Cekal) Corona Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa, pada Jumat (27//3/2020), memasang sejumlah body/disinfection chamber atau bilik disinfektan di beberapa tempat. Diantaranya, 4 unit di rumah sakit (RS) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang kini menjadi RS darurat penanganan corona.

“Kami bawa 6 unit Body Chamber. Instalasi Disinfection Body Chamber di Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 4 unit. Kemudian, 2 unit lainnya di rumah sakit lain. Hari ini, tim DMC juga berpencar melakukan instalasi di area publik lain,” jelas Benny, Direktur DMC Dompet Dhuafa.

Kepala Satgas Kesehatan Wisma Atlet, Mayor Kes Hadi Wahono, menilai upaya dekontaminasi dengan menghadirkan bilik disinfektan sangat
lah penting. “Aktivitas di RSD ini sangat padat. Pekerja dari banyak pihak, baik tenaga medis, logistik, penjagaan, maupun tamu, perlu dekontaminasi melalui disinfeksi dan sterilisasi. Terima kasih untuk sinergi dan bantuan kemanusiaan ini,” ujarnya.

Turut sinergi bersama Dompet Dhuafa di sana, Fathur dan dr. Tirta, para relawan kebaikan dan kemanusiaan yang setiap hari setia membantu terjun ke lapangan serta melakukan kampanye dan penggalangan dana donasi bilik disinfektan tesebut.

Dalam sepekan, Tim DMC telah memasang bilik sterilisasi di berbagai area publik di Jakarta, seperti rumah sakit, stasiun, dan Perkantoran. Sebelumnya, Kamis (26/3/2020), Tim DMC Dompet Dhuafa juga telah memasang bilik disinfektan di Stasiun MRT Blok M.

“Ini sudah hari ke-tujuh kami bersama DMC Dompet Dhuafa menggulirkan instalasi Body Chamber di area publik. Selain di rumah sakit, perkantoran, dan di Polda, pagi ini kami awali pasang di Stasiun MRT Blok M. Ini Body Chamber pertama di Stasiun MRT,” kata Fathur.

Relawan muda yang memiliki nama lengkap M. Atiatul Muqtadir itu juga menjelaskan alasan Dompet Dhuafa memasang Body Chamber di Stasiun MRT Blok M. “Dampak Corona di Jakarta Selatan cukup tinggi, dan stasiun MRT Blok M merupakan salah satu titik yang terbesar aktivitas masyarakat. Jadi kami awali di sini,” ujarnya.

“Pastinya ini akan sangat berguna bagi kami dan masyarakat, khususnya pada area Blok M dan pengguna MRT di sini. Masyarakat akan lebih merasa lega dari kebersihan diri terutama dari kecemasan akan virus Corona yang mengintai,” ungkap Zunaidi Ma’ruf, Manager MRT Blok M.

Bilik Disinfektan Stasiun MRT Blok M, Walikota: Dari Warga untuk Warga

Pada siang hari, Walikota Jakarta Selatan, Marullah, bersama jajaran Camat Kebayoran dan Lurah Melawai, hadir meninjau dan memberikan apresiasi langsung kepada Dompet Dhuafa dan para donatur atas instalasi bilk disinfektan tersebut. “Pertama, tentu apresiasi kepada Dompet Dhuafa dan terima kasih untuk para donaturnya atas Disinfection (Body) Chamber ini. Karena ini adalah kebaikan dari warga untuk warga juga. Jadi, silahkan digunakan sebaik-baiknya demi pencegahan Corona dan kebersihan diri kita,” ungkap Marullah.

“Jakarta Selatan termasuk dalam dampak Corona tertinggi di wilayah Jakarta. Tentu dukungan berbagai pihak sangat diperlukan. Karena kedepan kami akan tambahkan Body Chamber ini di beberapa titik untuk area publik seperti stasiun MRT di sini,” ujarnya.

Kehadiran bilik disinfektan ini juga mendapatkan apreiasi dari kalangan warga yang terpaksa masih harus tetap bekerja dan mencari nafkah di luar rumah saat virus corona mewabah. Salah satunya, Pak Man, pedagang gorengan dan minuman es kelapa di area Stasiun MRT Blok M.

Pak Man yang awalnya malu-malu, kian penasaran, hingga mencoba masuk dan menggunakan bilik disinfektan yang lokasi penempatannya di samping pintu stasiun MRT dan dekat dengan lapaknya tersebut. “Walau terlihat sederhana, saya yakin alat ini (Body Chamber) akan sangat bermanfaat di area sini. Paling tidak, kita ini merasa lega, meminimalisir rasa khawatir pada corona yang seakan mengancam manusia,” ujarnya.

Pada hari yang sama, Fathur bersama tim DMC Dompet Dhuafa juga memasang bilik Disinfektan di gedung Palang Merah Indonesia (PMI), Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. “Hari ini ada beberapa bilik yang dipasang di beberapa lokasi. Saya bersama tim DMC lainnya hari ini juga memasang Disinfection Chamber di kantor PMI pusat dan beberapa rumah sakit,” ujarnya.

Tiba di kantor PMI, para tenaga medis maupun pegawai PMI menyambut baik datangnya bilik sterilisasi Dompet Dhuafa. Usai instalasi, mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, yang menjabat Ketua PMI Pusat dan Sudirman Said, Sekjen PMI, turut langsung meninjau dan menjajal cara kerja bilik sterilisasi.

Jusuf Kalla dan Sudirman Said, beserta jajaran pengurus PMI Pusat berharap dengan disediakannya bilik sterilisasi ini para tenaga medis PMI, staf, relawan, pendonor, dan pengunjung, selalu steril dari virus corona maupun viris-virus berbahaya lainnya.

Setelahnya, Fathur dan tim DMC kembali bergegas menuju dua tempat lainnya, yaitu Puskesmas Kecamatan Johar Raya dan RSUD Kramat.

[DDHKNews/sumber: Dompet Dhuafa]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *