Beranda > Indonesia > Dompet Dhuafa Antarkan Bantuan untuk Kelompok Rentan Wabah Corona

Dompet Dhuafa Antarkan Bantuan untuk Kelompok Rentan Wabah Corona

INDONESIA – Tim Dompet Dhuafa mendistribusikan bantuan untuk masyarakat yang tergolong kelompok rentan akibat mewabahnya virus corona di berbagai daerah. Pada Jumat (3/4/2020) sore, tim Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa bertandang ke pemukiman padat penduduk di kawasan Jl. Kenari 2 No. 179, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Super voluntir Chiki Fawzi dan Fathur juga tak mau ketinggalan dalam momen kebaikan tersebut. Keduanya turut mendorong gerobak pengangkut paket sembako dan bersilaturahmi langsung dari rumah ke rumah para penerima manfaat.

“Luar biasa, senang mereka semua ketika menerima paket sembako tersebut. Andai saja kalian lihat langsung!” kata Chiki.

Sambil terisak haru, para penerima bantuan mendoakan para donatur. “Semoga kebaikannya kembali ke kalian semua. Terima kasih para donatur,” ujarnya.

Puluhan paket sembako yang dibagikan berisi beras, sarden, terigu, susu kaleng, gula, minyak, kecap, biskuit kaleng, teh, kopi, mie telor, dan bihun. Umumnya, para penerima bantuan adalah lansia dan janda, dengan pekerjaan sebagai buruh cuci dan pedagang kelontong.

“Karantina diperpanjang. Saya terpikir nasib mereka yang terdampak secara ekonomi, sekaligus menjadi golongan rentan terpapar Covid-19, karena masih harus mengais rezeki di luar rumah,” kata Chiki.

Di Kalimantan Timur, Dompet Dhuafa mendistribusikan 500 paket makanan untuk rumah sakit rujukan pasien yang terpapar virus corona (COVID-19). Antara lain, RSKD Balikpapan, RSUD Abdul Wahab Samarinda, RS Panglima Sebaya Kabupaten Paser, dan RSUD Taman Husada Bontang.

“Untuk yang terakhir masih dalam proses penyaluran dan kita terus berupaya menjaga nutrisi tim medis,” kata Andri, tim Marketing Communication Dompet Dhuafa Kalimantan Timur, Senin (6/4/2020).

Pendistribusian dilakukan sejak 1 April 2020 lalu. Masing-masing rumah sakit mendapatkan 100 paket makanan.

Donasi tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan di kanal kitabisa.com dari tanggal 12 Maret 2020. Dompet Dhuafa Kalimantan Timur menjadi salah satu mitra dalam pendistribusian pangan kepada seluruh tim medis di wilayah tersebut.

“Iya mas, kita mendapat kiriman dari kitabisa.com. Mereka menghubungi kita langsung, minta tolong untuk penyaluran bantuan ke tenaga medis yang ada di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kalimantan Timur,” ujar Andri.

Bantuan Pupuk di Solok

 

Wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia, kini kian berdampak pada pada masalah ekonomi. Di tengah situasi tersebut, Dompet Dhuafa Cabang Singgalang, Sumatera Barat, mendistribusikan bantuan pupuk kepada kelompok Petani Kopi Berdaya di Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, pada Sabtu (4/4/2020).

Pendamping Program Kopi Sirukam, Rahman, mengungkap bahwa ini merupakan kali ketiga distribusi pupuk tanaman kopi kepada para petani. “Selain distribusi pupuk, kami juga gulirkan pembinaan rutin dan tata cara pengaplikasian pupuk ke tanaman kopi,” ujarnya.

“Alhamdulillah jumlah petani yang hadir 25 orang dan pemberian pupuk dilakukan secara bergilir. Pupuk dijemput secara bergantian oleh para petani, karena kita menimbang situasi dan kondisi saat ini,” kata Rahman. [DDHKNews/sumber: Dompet Dhuafa]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *