Beranda > Indonesia > Dompet Dhuafa Luncurkan Aksi Cekal Corona

Dompet Dhuafa Luncurkan Aksi Cekal Corona

INDONESIA – Dompet Dhuafa, mulai Ahad (15/3/2020) malam, meluncurkan aksi CEKAL (Cegah Tangkal) Corona, dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama.

“Prioritas pertama yang disemprot adalah masjid, dengan tujuan agar orang bisa shalat Subuh berjamaah. Senin pagi dan siang, aksi dilanjutkan dengan penyemprotan ke gereja dan vihara. Setelah itu, penyemprotan akan dilakukan pada fasilitas transportasi umum seperti MRT, LRT, Transjakarta,” ungkap Parni Hadi, Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika, selaku Inisiator aksi.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Madjidi, mengungkapkan pandemi Covid-19 merupakan bencana nasional. “Dompet Dhuafa hadir untuk melayani masyarakat dengan mengikuti protokol WHO yang ditetapkan,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Tim Penanganan Covid-19 dr. Yeni Purnamasari, MKM, memaparkan Dompet Dhuafa menyiagakan seluruh rumah sakit dan klinik layanan kesehatan di seluruh Indonesia. “Dompet Dhuafa nenyiagakan 30 unit ambulans, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat, dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi Covid-19,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, aksi CEKAL Corona diemban oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, didukung oleh Divisi Kesehatan dan para relawan yang bergabung dalam DD Volunteer. Lembaga tersebut berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah, BNPB, BPBD, serta rumah sakit rujukan untuk berkoordinasi.

“Dompet Dhuafa merespon cepat kasus Covid-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 08111617101. Dompet Dhuafa juga menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Covid-19 dengan melibatkan Rumah Sakit-Rumah Sakit Dompet Dhuafa,” ujar drg. Imam Rulyawan MARS., Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

Aksi Semprot Disinfektan di Tempat Ibadah

Pada Selasa (17/3/2020), Tim CEKAL Dompet Dhuafa melakukan aksi penyemprotan disinfektan di beberapa titik di Jabodetabek. Tempat umum seperti rumah ibadah menjadi sasaran utama aksi tersebut.

Salah satunya, Masjid Fathullah di Tangerang Selatan, yang berlokasi di pinggir Jl. Raya Ir. H. Juanda dan menjadi salah satu nadi peradaban kampus UIN Jakarta. “Memang masjid ini selalu ramai. Bahkan ketika berita tentang wabah Corona ini viral, masyarakat masih mampir untuk shalat berjamaah,” terang Anas Darwis, Pengurus DKM Masjid Fathullah.

“Kegiatan masjid masih berjalan seperti biasa. Shalat berjamaah hingga kajian rutin masih tetap dijalankan. Kami tak bisa membatasi ibadah masyarakat. Oleh karena itu kami menghubungi Dompet Dhuafa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di masjid kami,” tambah Anas.

Dengan adanya penyemprotan tersebut, dirasa bisa menjadi langkah preventif pencegahan penularan virus. “Kami ucapakan bayak terima kasih kepada Dompet Dhuafa atas respon cepatnya. Ini menjadi langkah preventif, mudah-mudahan tidak ada yang tertular dan yang beribadah jadi lebih tenang,” kata Anas.

Pada hari itu, setidaknya ada 9 titik penyemprotan disinfektan di sekitar Jabodetabek. Pada hari sebelumnya, tim juga diterjunkan di beberapa Gedung perkantoran dan rumah ibadah, seperti gereja, vihara, dan masjid-masjid.

“Ini adalah langkah respon dari kami, masyarakat dapat menghubungi call center kami untuk mendapatkan layanan penyemprotan disinfektan. Tempat-tempat umum seperti rumah ibadah menjadi titik potensial untuk diintervensi, mengingat menjadi titik berkumpulnya massa,” terang Mochamad Syaiban, dari DMC Dompet Dhuafa.

Sambutan Hangat di Vihara

Selain melakukan penyemprotan disinfektan di perkantoran, masjid, dan gereja, pada Senin (16/3/2020) siang tim Dompet Dhuafa juga melakukan hal yang sama di vihara. Tepatnya, tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyambangi Vihara Avalokitesvara di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Tepat pukul 11.30 WIB, tim mulai bergerak dengan peralatan pelindung diri lengkap dan cairan disinfektan, siap sedia di tabung penyemprotan. Langkah demi langkah membawa tim DMC Dompet Dhuafa untuk memberikan semprotan di setiap detil dan sudut vihara. Sesekali mereka mendapatkan arahan dari penjaga maupun pengurus di pusat ibadah umat Budha tersebut.

“Senang sekali ada tim relawan dari Dompet Dhuafa yang memberikan penyemprotan disinfektan di vihara ini. Di sini kan banyak jamaah yang datang dari berbagai tempat. Kemudian juga ada kegiatan pengobatan umum. Tentunya, banyak interaksi di sini dan kami tidak tahu kondisi setiap masyarakat yang datang. Dengan adanya penyemprotan, tentu dapat membantu kami di sini dalam mencegah meluasnya sebaran virus tersebut,” kata Shefu Bhadrasilo, salah satu pengurus Vihara Avalokitesvara, kepada tim media Dompet Dhuafa.

Sekitar 2 jam, akhirnya tim menyelesaikan tugas penyemprotan disinfektan di area vihara tersebut. Tak berselang lama dari bersih-bersih badan, pihak vihara menyajikan makanan ringan dan minuman yang semakin menambah kehangatan di giat siang itu.

“Alhamdulillah, sambutannya luar biasa. Ramah dan penuh kehangatan. Senang rasanya disambut sedemikian ini, yang menjadi bukti dari kebaikan di kerja kemanusiaan,” jelas Abdul Azis, koordinator tim sterilisasi DMC Dompet Dhuafa untuk giat di rumah ibadah.

[DDHKNews/sumber: Dompet Dhuafa]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *