Beranda > Info DD > Fat Choi DDHK Siap Layani Ibadah Kurban dan Akikah

Fat Choi DDHK Siap Layani Ibadah Kurban dan Akikah

Fat Choi, Unit Pelaksana Program Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) urusan Kurban dan Akikah, siap melayani mereka yang akan beribadah Kurban pada Idul Adha tahun ini. Menurut Ketua Divisi Fat Choi DDHK, Siti Ruliyah, kurban tahun ini bertema “Kurban Bukti Cinta”.

“Kami mengajak para Buruh Migran Indonesia yang ada di Hong Kong (BMI HK) untuk menunaikan sunah Rasul tersebut,” ujarnya.

Harga kambing saat ini untuk kurban adalah HKD 1.290,untuk akikah HKD 1400, harga sapi HKD 8.888. “DDHK akan menyalurkan hewan kurban dan akikah ke daerah miskin di Indonesia, Hong Kong, dan Macau,” terang Ruliyah.

Akikah adalah menyembelih hewan untuk kelahiran bayi. Untuk bayi laki-laki akikahnya dua ekor kambing dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan.

Hukum akikah adalah sunah muakkad (sunat yang sangat dianjurkan) bagi orang yang menanggung belanja si bayi, tetapi jika sudah dewasa dan belum diakikahi, seseorang bisa mengakikahkan sendiri. Daging akikah dibagikan dalam keadaan sudah dimasak dan memotong dagingnya pada ruas ruas tulang.

Kurban adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah Swt pada Hari Raya Idul Adha, tanggal 10 Dzhulhijah, dan hari tasyrik –tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah. Dagingnya dibagikan dalam keadaan mentah. Kurban hukumnya sunah muakkad.

Siti Ruliyah menjelaskan, manfaat berkurban melalui DDHK antara lain hewan kurban yang dititipkan melalui DDHK akan dipotong dan disalurkan ke daerah miskin di Indonesia, membantu peternak miskin karena hewan yang dibeli berasal dari peternak miskin binaan Dompet Dhuafa, dan harga hewan kurban lebih murah di bandingkan membeli sendiri di pasaran. Dompet Dhuafa telah terpercaya, sudah 19 tahun menangani kurban dan akikah.

Bagi BMI HK yang akan berkurban dan akikah bisa menghubungi langsung Panitia Kurban dan Akikah DDHK melalui Siti Ruliyah (68799031) dan Tim Marketing Yuli Lestari (92097068) atau bisa langsung melalui kantor DDHK di Jardine Bazaar. (Tati Tia Surati/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *