Beranda > Indonesia > Gempa Aceh Disusul Tsunami Kecil, Belum Ada Laporan Korban

Gempa Aceh Disusul Tsunami Kecil, Belum Ada Laporan Korban

Warga Banda Aceh saling berpelukan ketika gempa bumi berkekuatan 8.5 SR mengguncang kota tersebut, Rabu (11/4/2012). (Foto: AFP/Kompas.com)

Badan Metorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan, telah terjadi tsunami kecil untuk dua wilayah di Provinsi Aceh, yakni Laboh setinggi 0,8 meter dan Kota Sabang di Pulau Weh dengan ketinggian air 0,6 meter.

Tsunami kecil tersebut terjadi serentak pada pukul 17.00 WIB, demikian analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Slamet Riyadi, di Pekanbaru, Rabu petang.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter kembali menggoyang Aceh pada pukul 18.52.06 WIB, Rabu.

Data yang dirilis dari Badan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Rabu, pusat gempa bumi tersebut masih berada di kedalaman 10 km dengan jarak 709 km barat daya Kabupaten Simeulue, Aceh.

Gempa susulan tersebut terjadi setelah gempa kuat pada 8,8 SR pukul 17.43.06 WIB pada lokasi yang sama. Menyusul gempa kuat yang terjadi di Aceh dan dirasakan di sebagian besar provinsi di Pulau Sumatera, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung merespon bencana gempa bumi  di Nangroe Aceh Darussalam, Rabu (11/4). SBY mengaku sudah menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah daerah segera melakukan langkah-langkah  penanganan.

“Situasi sekarang sudah under controlled,” kata SBY memberikan keterangan pers, di Jakarta, Rabu (11/4). Menurutnya, sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa.

SBY juga mengatakan, belum ada laporan tentang kerusakan bangunan. Meski demikian gempa itu memang menimbulkan kepanikan.

“Alhamdulillah, sementara tidak ada laporan korban jiwa dan tidak adanya kerusakan parah di Banda Aceh. Sempat terjadi kepanikan,” ujarnya.

Satu orang meninggal dunia menyusul gempa besar yang mengguncang Banda Aceh, Rabu (11/4/2012) sore. Korban adalah seorang pria bernama Yatim Kulam, warga Lingke.

Petugas Puskesmas setempat yang memeriksa pria tersebut menyatakan korban meninggal akibat serangan jantung.

Yatim ditemukan oleh seorang mahasiswa tergeletak di depan Masjid Jamik, Syiah Kuala. Warga dan petugas puskesmas segera datang memberikan pertolongan, namun terlambat.

Beberapa saat sebelum gempa 8,5 SR mengguncang Aceh, terjadi kerusuhan massa di Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Massa membakar tiga kantor kecamatan dan kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP). Kerusuhan itu terjadi akibat kisruh penghitungan hasil Pilkada. (Antara/Kompas/Tribunnews/JPNN/detikNews).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *