Monday, December 17, 2018
Beranda > Featured > GM DDHK Harapkan Dompet Dhuafa Terus Memberikan Manfaat

GM DDHK Harapkan Dompet Dhuafa Terus Memberikan Manfaat

Abdul Ghofur bersama istri, Melani.*

General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong (GM DDHK), Ustadz Abdul Ghofur, mengharapkan Dompet Dhuafa HK bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk kalangan nakerwan atau Indonesia , tapi lebih luas programnya sampai ke China dan Macau. Selain itu, khusus kepada para relawan (volunteers), Ust. Ghofur berharap para volunteers tetap istiqomah untuk berjuang karena besarnya DDHK atas kontribusi para volunteer dan umat.

“Raih kebahagiaan, tetap berkarya, sukses di rantau dan mandiri di negeri sendiri,” ujarnya kepada reporter DDHK News Tati Tia Surati. “Saya akan tetap mendoakan dan mensupport Dompet Dhuafa Hong Kong sehingga bisa menyalurkan bantuan yang lebih baik,” imbuhnya.

Abdul Ghofur akan mengakhiri tugasnya sebagai GM DDHK akhir bulan ini dan mengemban tugas baru di DD Pusat di Jakarta.

Diungkapkannya, perkembangan DDHK dari tahun ke tahun secara fundraising atau penghimpunan Zakat, Infak, dan Shodakoh (ZIS) mengalami peningkatan. Tahun 2005, ketika DDHK masih baru, dana ZIS yang berhasil terhimpun sekitar HKD 20 ribu. Tahun 2006 sekitar HKD 50 ribu, dan tahun 2007 meningkat 100% menjadi sekitar HKD 100 ribu.

Memasuki tahun 2008, imbuh Ghofur, perolehan dana ZIS sudah mulai sangat signifikan, mencapai HKD 400 ribu. Tahun 2009 perolehan mencapai HKD 1 juta dan tahun 2010 sudah mencapai HKD 2,6 juta yang bila dirupiahkan mencapai Rp 2,5 miliyar.

“Perolehan dalam satu tahun ini merupakan angka yang cukup besar, namun kita terus tetap bersosialisasi menyiarkan Zakat agar teman-teman di sini dapat menunaikan zakat dan dapat menjalankan perintah atau kewajibanya sebagai orang muslim,” katanya.

Penerima Manfaat

Menurut Ghofur, ribuan orang, 2.000- 3000 orang, telah menerima manfaat Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) dari program Shelther yang dibina, juga program-program pendidikan, menjahit,  komputer, dan sebagainya.

“Dompet Dhuafa Hong Kong mencakup seluruh program, dari program pendidikan, ekonomi, kewirausahaan, advocacy, kesehatan (LKT) , media, dan kemandirian. Tujuan program- program pemberdayaan tersebut untuk melatih para nakerwan (BMI) agar mereka sukses di rantau dan mandiri di negeri sendiri,” ujarnya.

Selain menyalurkan dana untuk pemberdayaan di Hong Kong , DDHK juga menyalurkan bantuan kepada fakir miskin yang ada di Indonesia, di kampung halaman para TKI (Tenagga Kerja Indonesia) yang notabene kekurangan.

Dari sisi SDM (Sumber Daya Manusia), volunteers DDHK dan donaturnya juga bertambah. “Saat ini ada sekitar 20 ribu lebih donatur dan ada dua personil tetap kesehariannya di DDHK,” terangnya. “Alhamdulilah, pertumbuhan atau perkembangan Dompet Dhuafa Hong Kong maksimal dan sangat luar biasa,” ujarnya. (Tati Tia Surati/Hong Kong/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *