Saturday, November 17, 2018
Beranda > Indonesia > Gus Ipul Usulkan TKI Jatim Diberi Gelang

Gus Ipul Usulkan TKI Jatim Diberi Gelang

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengusulkan agar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur dilengkapi gelang khusus untuk memudahkan pendataan dan mendeteksi keberadaan di luar negeri.

‘Jika Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengusulkan agar TKI Indonesia dibekali telepon seluler untuk memudahkan komunikasi, saya mengusulkan agar Pemprov Jatim memikirkan TKI asal Jawa Timur dibekali gelang khusus yang menunjukkan bahwa TKI tersebut adalah TKI resmi,’ katanya, Senin (27/6).

Selain menata sistem pendataan, Jawa Timur menurut Gus Ipul memiliki peluang untuk menata sistem pengiriman. Regulasi pengiriman TKI ke Arab Saudi selama ini hanya di perbolehkan melalui Jakarta, sementara dari Jawa Timur hanya khusus TKI yang menuju ke kawasan Asia Pasifik seperti Hong Kong, RRC, dan Taiwan, Province Of China.

‘Jika sebelumnya pengiriman TKI ke Arab Saudi hanya melalui Jakarta, kini pemerintah mengizinkan pengiriman TKI ke Arab Saudi melalui Jawa Timur,’ tambahnya.

Terkait delapan TKI asal Jatim yang terancam dihukum mati, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenlu, Kemenaker, dan BP2TKI agar sebisa mungkin untuk melakukan advokasi kepada kepada mereka.

Seperti diberitakan, LSM yang bergerak di bidang perlindungan buruh migran, Migrant Institute, merilis delapan TKI asal Jawa Timur terancam hukuman mati di Arab Saudi.

LSM ini menganggap pihak Kemenlu belum terbuka terkait alamat lengkap delapan TKI itu. Mereka adalah Sulaimah (Madura) tuduhan pembunuhan dan penyiksaan majikan, Nursiyati (Jember) divonis dua tahun sedang menunggu proses hukuman rajam, Suwarni (Jatim) tuduhan membunuh majikan masih dalam proses sidang.

Selain itu Siti Zaenab (Bangkalan) harusnya dieksekusi mati pada tahun 1999, tapi diplomasi Presiden Gus Dur dengan Raja Fahd waktu itu membuahkan hasil sehingga eksekusi ditunda sampai sekarang, Hafidz (Tulungagung) tuduhan bunuh majikan, Nurfadilah (Bondowoso) tuduhan siksa dan bunuh majikan, Muhammad Zaini (Madura) dituduh bunuh majikan, dan Dwi Mardiyah (Jember) tuduhan tidak jelas. (KOMPAS)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *