Beranda > Hong Kong > Halaqoh Senin BMI HK Dakwah Lapangan di Victoria Park

Halaqoh Senin BMI HK Dakwah Lapangan di Victoria Park

Halaqoh SeninDDHK News, Hong Kong — Halaqoh Senin BMI Hong Kong mengadakan dakwah lapangan (luar ruangan) yang sudah menjadi program rutin dua bulan sekali di Victoria Park, Senin (21/5). Acara dimulai dengan shalawat bersama dipimpin oleh Ibu Eka Muthmainah. Acara pengajian dibuka oleh MC Umi Haniah, tilawah dilantunkan oleh Siti Mariam, shalawat oleh Suyanti, dilanjutkan sambutan dari Ketua Halaqoh Senin, Wartini Aisyah.

Dalam sambutanya, Wartini Aisyah memperkenalkan halaqoh di Masjid Ammar Whancai ada tiap hari. Ada Halaqoh Ahad sampai Halaqoh Sabtu. Halaqoh dilindungi oleh Islamic Union of Hong Kong (IUHK) dan dibimbing oleh KH. Abdul Muhaemin Karim MA dan Ustadzah Mimi Jamila Mahya (IUHK).

Ia juga mengajak para jamaah senantiasa mengisi waktu libur dengan kegiatan bermanfaat. “Bagi jama’ah yang tidak tahu jalan ke Masjid Ammar, insyaAllah tim Halaqoh Senin akan membantu melalui telepon,” katanya.

Tausiyah disampaikan Ustadz Rahmad Syukur dari Jakarta. Ia hadir di Hong Kong atas undangan dari Forum Komunikasi Mu’minat Peduli Umat (FKMPU) BMI HK. Ust. Rahmat membuka dan mengawali tausiyahnya dengan membaca do’a syukur diikuti jama’ah.

Diterangkannya, pujian itu ada empay, yaitu qodim ‘alal qodim (pujian Allah terhadap Dzat-Nya), qodim ‘alal hadist (puji Allah terhadap mahluknya), hadist ‘alal qodim (puji makhluk terhadap Allah), dan hadist ‘alal hadist (pujian makhluk terhadap sesama mahluk).

Dikatakanya, ada lima hal ghaib yang manusia tidak mengetahuinya, yaitu tentang hari kiamat, tentang menurunkan hujan, tentang yang ada di dalam rahim, tidak seorang pun tahu besok apa yang akan dikerjakan atau terjadi, dan tidak diketahui di bagian bumi mana manusia akan mati. “Maka kita jangan menyia-nyiakan waktu dan tetap menjalankan ibadah shalat walau dalam keadaan apa pun,” tegasnya.

“Shalat bisa mengangkat derajat seseorang. Dengan shalat kita bisa mengajukan proposal atau keinginan kita kepada Allah. Shalat Dhuha memperlancar rezeki dan urusan. Shalat Hajat jika kika memiliki hajat tertentu. Shalat Istiharah meminta pentunjuk dalam memutuskan suatu masalah. Shalat Syukril Wudhu mempermudah kita masuk surga.”

Diriwayatkan, Rasulullah Saw mendengar suara terompah Bilal bin Rabah di surga sedangkan Bilal masih hidup. “Itulah keistimewaan menjalankan shalat sunah Syukril Wudhu. Shalat tahajud dilaksanakan setelah shalat Isya, utama setelah tidur dan sepertiga malam.”

Dijelaskanya, shalat sunah mutlak menambal shalat-shalat fardhu yang kurang sempurna. Ust. Rahmat juga mengajak jama’ah mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya, kemudian kita berdo’a agar barokah apa yang kita dapatkan untuk generasi penerus kita. “Sesungguhnya jerih payah kita, generasi penerus kita yang akan menikmatinya nanti,” katanya.

Acara diahiri dengan do’a dan tanya jawab. Info Halaqoh Senin: Wartini Aisyah (Ketua) 95815320. (Lutfiana Wakhid/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *