Beranda > Konsultasi Islam > Hukum Membayar Zakat Fitrah di Negeri Orang

Hukum Membayar Zakat Fitrah di Negeri Orang

zakat harta

Bolehkah saya membayar zakat fitrah ke tanah air, sedangkan saya sekarang tinggal di Hong Kong? (BMI Hong Kong)

JAWAB: Boleh, namun disunahkan atau sangat dianjurkan menunaikan zakat fitrah di Hong Kong, karena ukuran zakat fitrah adalah “harga makanan yang menjadi makanan pokok negeri  atau daerah tempat kita berada ketika hari raya.”  Zakat fitrah adalah zakat atas badan, zakat atas diri, atau zakat atas kepala.

Diriwayatkan, Syahnun bertanya kepada Ibnul Qasim (murid Imam Malik), “Apa pendapat Imam Malik tentang orang Afrika yang tinggal di Mesir pada saat hari raya; di manakah zakat fitrahnya ditunaikan?”

Ibnul Qasim menjawab, “Imam Malik mengatakan, ‘Zakat fitrah ditunaikan di tempat dia berada. Jika keluarganya di Afrika, membayarkan zakat fitrah untuknya, hukumnya boleh dan sah.’” (Al-Mudawwanah)

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya tentang tempat yang disyariatkan untuk penunaikan zakat fitrah. Ia menjawab, “Selayaknya, kita memahami kaidah bahwasanya zakat fitrah itu mengikuti badan. Maksudnya, badan orang yang dizakati. Adapun zakat harta itu mengikuti (lokasi) harta tersebut berada. Berdasarkan hal ini, zakat fitrah oleh orang yang berada di Mekkah itu ditunaikan di Mekkah, sedangkan untuk keluarganya yang tinggal di luar Mekkah, maka zakat fitrahnya ditunaikan di tempat mereka masing-masing.” (Majmu’ Fatawa Ibni Utsaimin). Wallahu a’lam.

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Hukum Membayar Zakat Fitrah di Negeri Orang

  1. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

    Hampir sebulan penuh sudah kita berpuasa…
    Hampir sebulan penuh sudah kita bersabar…
    Menahan nafsu, makan, minum…
    Berjuang melawan semua…

    Hari besar kan datang
    Hari yang dinanti
    Hari besar kta
    Hari Raya Idul Fitri

    Dihari itu kita berbagi
    Kita saling memafkan
    Kita memulai hati kita yang baru
    Dengan hati suci yang bersih

    Min Al Aidin Wal Fa Idin
    Kita saling memaafkan dan memohon maaf bersama
    Bersilahturahmi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *