Beranda > Indonesia > Ibu Presiden Jokowi Meninggal Dunia

Ibu Presiden Jokowi Meninggal Dunia

INDONESIA – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (25/3/2020). Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

Informasi ini dikonfirmasi oleh salah satu staf khusus Presiden, Angkie Yudistia. “Iya betul, saya juga mendapatkan info tersebut dari sekretaris pribadi Bapak (Jokowi),” ujar Angkie pada Rabu sore, seperti diberitakan Kompas.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie. Budi menyampaikan hal ini melalui pesan tertulis yang diterima wartawan pada Rabu sore. “Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 tadi,” ujar Budi Arie. “Mohon doanya semoga almarhumah husnul khatimah,” ujar Budi, yang pernah menjadi Ketua Umum Relawan Pro Jokowi ini.

Sakit Kanker Tenggorokan

Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono mengungkapkan bahwa ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo (77), sudah lama menderita sakit kanker. “Benar. Beliau sudah lama sakit kanker tenggorokan,” kata dia, dalam pesan singkat, Rabu (25/3/2020), sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Sebelumnya, Sujiatmi dikabarkan meninggal di RST Tingkat III Slamet Riyadi Surakarta, Solo, hari ini pukul 16.45 WIB. Presiden Jokowi kemudian terbang ke Solo dan tiba jelang magrib.

“Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian,” kata Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmuddin, dalam keterangannya.

Sujiatmi, dari Keluarga Tukang Kayu, Beranakkan Seorang Presiden

Berdasarkan informasi dari pelbagai sumber yang dihimpun CNN Indonesia, Sujiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Perempuan dari keluarga pedagang kayu ini tumbuh besar di kawasan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Perempuan itu menikah dengan Widjiatno Notomihardjo yang tinggal di Karanganyar, Solo pada 1959. Dari pernikahan itu, dia dikaruniai empat anak, yakni Jokowi, Sriyatin, Idayati, dan Titik Ritawati.

Tak banyak informasi pribadi dari Sujiatmi. Namun, sosok Sujiatmi diketahui merupakan saksi mata atas karir politik Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden Indonesia dua periode.

Selama hidup, Sujiatmi diketahui pernah mendapatan penghargaan sebagai Perempuan Tangguh Award 2018 dari Ketua Dewan Perempuan PERTIWI Mooryati Soedibyo.

Menjelang Pilpres 2014 lalu, Sujiatmi, berpesan pada putranya untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. “Kalau sudah jadi sesuatu, apapun risikonya ya jalankan,” katanya kepada CNN Indonesia di Solo.

Sujiatmi mengatakan Jokowi, begitu putranya akrab dipanggil, harus menjalankan tugasnya sebagai presiden dengan jujur. “Pesan saya itu saja buat Jokowi,” ujarnya lagi. [DDHKNews/sumber: Kompas|CNN Indonesia]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *