Beranda > Konsultasi Islam > Iman Hilang Saat Berbuat Dosa?

Iman Hilang Saat Berbuat Dosa?

Benarkah iman seseorang hilang ketika ia berbuat dosa? Bagaimana ia menemukannya kembali? Mohon pencerahannya.

JAWAB: Ya benar. Begitulah yang disabdakan Nabi Saw. Orang beriman tidak mungkin melakukan maksiat karena iman mendorong perbuatan baik saja. Maka, ketika ada muslim berbuat dosa, dipastikan saat itu imannya hilang.

“Tidak akan berzina seorang pelacur di waktu berzina jika ia sedang beriman, dan tidak akan minum khamr di waktu minum jika ia sedang beriman, dan tidak akan mencuri di waktu mencuri jika ia sedang beriman.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Keimanannya kembali ketika beristighfar (meminta ampun kepada Allah SWT) dan bertobat, tidak mengulanginya. Keimanannya diperbaharui ketika ia kembali melaksanakan ajaran Islam, utamanya saat shalat yang di dalamnya ada bacaan syahadat (dalam tahiyat). Wallahu a’lam.*

— Konsultasi Singkat Islam (KSI). Diasuh oleh Tim Asatidz Pusdai Jabar. Pertanyaan via SMS ke 022 695 61 799. Email: infopusdai@yahoo.com. Dimuat di Buletin USWAH Pusdai Jabar, terbit tiap Jumat.

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *