Sunday, December 16, 2018
Beranda > Hong Kong > IMWU Susun Strategi Kampanye BMI Hong Kong

IMWU Susun Strategi Kampanye BMI Hong Kong

DDHK News, Hong Kong — Karena adanya masalah mengenai agen perekrutan biaya dan UU 39/2004, IMWU menyusun strategi kampanye Buruh Migran Indonesia (BMI) Hong Kong, Minggu (21/10), di Hong Kong Professional Teachers Union (HPTU), Wan Chai, Hong Kong yang dimulai dari jam 10.00 s.d. jam 13.00, diikuti oleh beberapa organisasi BMI Hong Kong.

“Kampanye ini lebih difokuskan tentang terlalu lama di biaya perekrutan. Dilihat dari situasi yang saat ini terjadi, sebagian gaji dari Pembantu Rumah Tangga (PRT) Indonesia dipotong secara normal selama tujuh bulan (HK$ 3.000 per bulan) untuk membayar biaya perekrutan. Jumlah ini (HK$ 21.000) melanggar hukum Hong Kong dan keputusan Menteri Tenaga Kerja Mei 2012,” kata Sringatin, wakil ketua IMWU.

Dia menambahkan, posisi publik-standar internasional negara, tidak ada potongan upah pekerja (C 189 pada Pekerja Rumah Tangga), tidak ada biaya yang dikenakan langsung atau tidak langsung kepada pekerja , aturannya 10% dengan kesepakatan yang adil.

Sasaran utama dalam kampanye ini adalah Matthew Cheung, sekretaris perburuhan dan kesejahteraan, Cheuk Wing Hing, komisaris tenaga kerja dari Hong Kong. Adapun sasaran utama dari Indonesia, yaitu Departemen Luar Negeri, Ombudsman, dan Presiden.

Kampanye BMI Hong Kong ini didukung oleh Lee Cheuk Yan, ketua dari partai buruh, dan Leung Kwok Hung dari Liga Sosial Demokrat dari Hong Kong. Panel Sumber Daya Manusia dan Legco.

Rob Godden dari Amnesti International juga mengajukan bantuan untuk perjuangan BMI hong Kong. Amnesti International adalah lembaga swasembada masyarakat internasional yang beranggotakan 300 juta orang dan biaya dari iuran pribadi dan bergerak dalam membela hak, terutama BMI.

Selain itu, juga ada Fish Ipi dari HKCTU untuk membantu perjuangan BMI Hong Kong . Langkah selanjutnya untuk kampanye BMI Hong Kong akan diadakan pada 8 November, 3 kampanye perencanaan pertemuan, dan pada 18 Desember, bertepatan dengan Hari Buruh Migran International, IMWU akan meluncurkan kampanyenya. (Yulia Cahyaningrum/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *