Beranda > Hong Kong > Ini Hukuman Berat bagi Majikan yang Gaji PRT di Bawah Standar Minimum

Ini Hukuman Berat bagi Majikan yang Gaji PRT di Bawah Standar Minimum

kewajiban PRT asing di Hong Kong, Hak Pekerja Migran Indonesia

KONSULTASI PMI

TANYA: Bolehkah majikan sepakat dengan pekerja rumah tangga (PRT)-nya untuk membayar gaji lebih kecil dari gaji standar minimum yang ditetapkan Pemerintah hong Kong? Berapa gaji minimum yang berlaku sekarang?

JAWAB: Tidak boleh. Majikan tidak boleh membuat kesepakatan dengan PRT untuk membayar gaji lebih kecil dari gaji standar minimum yang dibolehkan.

Izin untuk mendatangkan PRT asing adalah berdasarkan fakta-fakta yang diajukan kepada Direktur Imigrasi, bahwa majikan setuju membayar gaji tidak kurang dari gaji minimum yang ditetapkan.

Majikan yang membayar gaji kurang dari yang ditentukan dalam kontrak kerja standar diancam hukuman denda maksimum HK$350,000 dan hukuman penjara 3 tahun.

Dengan membayar gaji di bawah standar minimum, majikan juga melakukan pelanggaran yang serius, yaitu membuat pernyataan yang tidak benar kepada petugas Imigrasi dan bersekongkol untuk melakukan penipuan.

Barang siapa yang membuat pernyataan tidak benar, diancam hukuman denda maksimum HK$150,000 dan hukuman penjara 14 tahun. Barang siapa yang bersekongkol untuk melakukan penipuan diancam hukuman penjara 14 tahun.

Gaji minimum ditinjau secara berkala. Untuk kontrak kerja yang dibuat sebelum tanggal tersebut, (selama kontrak kerja masih berlaku), maka majikan harus membayar PRT dengan gaji tidak kurang dari gaji dalam kontrak kerja standar yang sudah  ditentukan atau berlangsung.

Gaji standar minimum yang ditetapkan Pemerintah Hong Kong per 1 Oktober 2018 adalah sebesar HK$4,520 per bulan dan tunjangan makan (jika tidak diberikan makan gratis) tidak boleh kurang dari HK$1,075 per bulan. [DDHKNews]

Sumber: Buku Pedoman Praktis untuk Pramuwisma Asing Labour Department Hong Kong [Hal. 9/11]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *