Beranda > Hong Kong > Jadikan Syukur dan Sabar Modal Hadapi Musibah

Jadikan Syukur dan Sabar Modal Hadapi Musibah

HONG KONG – Dai Cordofa Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Ahmad Syakir, Selasa (4/2/2020) malam, memberikan kajian online yang diikuti para voluntir, santri Klinik Al-Qur’an, dan siswi sekolah Paket B dan Paket C DDHK. Tema kajian yang disampaikan, “Mensyukuri Nikmat dengan Meneladani Rasulullah Muhammad SAW”.

“Di dalam kehidupan ini, Allah menguji hamba-Nya untuk menguji amal kebaikannya. Sebagai hamba yang beriman, hendaklah tetap sabar dengan segala musibah dan senantiasa bersyukur atas segala nikmat dari-Nya,” pesan Ustadz Syakir pada kajian tersebut.

Selain sabar dan syukur, ustadz asal Solo, Jawa Tengah, ini juga mengingatkan pentingnya ilmu. Dengan ilmu diharapkan bisa menyelaraskan kehidupan dunia dan akhirat. “Dan, Allah akan mengangkat derajat dan memudahkan jalan menuju surga bagi siapa yang mau menuntut ilmu,” ujarnya.

Banyak kisah di dalam Al-Qur’an yang bisa kita ambil ilmunya. Misalnya, firman Allah Ta’ala di ayat 34 surah al-Baqarah. “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: ‘Sujudlah Kamu kepada Adam’. Mereka pun bersujud, kecuali iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir.”

Dari kisah di atas, bisa diambil pelajaran bahwa keangkuhan dan kesombongan akan menjerumuskan pada kebinasaan.

“Semoga kita termasuk hamba yang senantiasa pandai bersyukur, berusaha menuntut ilmu untuk menjadi hamba yang lebih baik,” ujar Ustadz Syakir. [Puji]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *