Beranda > Khazanah > Jadwal Padat, Ustadz Rochmad Berikan Kajian Online Sambil Berjalan

Jadwal Padat, Ustadz Rochmad Berikan Kajian Online Sambil Berjalan

CAUSEWAY BAY | HONG KONG – Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Selasa (7/1/2020), kembali menggelar kajian online untuk para voluntir atau relawan, peserta kelas Klinik Al-Qur’an, dan siswi kelas Paket B dan Paket C. Yang menarik, Dai Cordofa DDHK, Ustadz Rochmad MA., harus memberikan kajian sambil berjalan. Hal itu dilakukan beliau karena padatnya jadwal kajian dan silaturahim ustadz kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur, yang sedang studi S3 di Malaysia itu.

Kajian yang dimulai pada jam 10 malam itu bertema “Fadilah membaca Al-Quran”. Kajian dimulai Ustadz Rochmad dengan cerita penuh makna.

“Di sebuah pesantren, seorang kiai meminta santrinya mengambil air dari sungai untuk dikumpulkan di belakang pesantren, dengan menggunakan sebuah ember yang kotor dan banyak lubangnya. Si santri, walaupun penuh tanda tanya: ‘mungkinkah bisa menjalankannya’, tetap melakukan apa yang diperintahkan kiainya. Setelah berpuluh kali ia jalankan dan air tidak juga terkumpul, sang santri pun menyerah,” tutur Ustadz Rochmad.

“Sang kiai tersenyum melihat santrinya itu. ‘Memang ember tak akan penuh dengan air, tapi coba perhatikan, kondisi embernya sekarang? Bukankah jadi bersih, tidak banyak kotoran yang melekat, karena telah digunakan berkali-kali?” kata Usatdz Rochmad, menuntaskan ceritanya.

Begitu pula ibaratnya dalam membaca Al-Qur’an. “Allah perintahkan kita membaca Al-Quran. Sebisa mungkin kita laksanakan, walaupun tiap hari selembar atau satu juz, semampu kita,” ujarnya, menyimpulkan hikmah yang terkandung dalam cerita tadi, dikaitkan dengan perintah Allah Ta’ala untuk membaca Al-Qur’an.

Ustadz Rochmad pun mengajak para peserta kajian online untuk membiasakan diri membaca Al-Quran. Meskipun, belum memahami maknanya.

“Bukankah sebaik-baik hamba adalah yang mau belajar dan mengajarkan Al-Quran?” ujarnya.

Sebelum kajian berakhir, diadakan sesi tanya-jawab seputar masalah yang dihadapi para pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Baik tentang shalat, najis, dan lainnya. Kajian pun diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Rochmad. [Puji]

Sumber Berita dan Foto : Dompet Dhuafa

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *