Beranda > Hong Kong > Kajian Sore Ulil Albab Ungkap Dakwah ala Sunan Kalijaga

Kajian Sore Ulil Albab Ungkap Dakwah ala Sunan Kalijaga

kajian sore ulil albab ddhkDDHK News, Hong Kong — Wayang dan gamelan dimanfaatkan Sunan Kalijaga sebagai sarana dakwah Islam. Demikian dikatakan Ustadz Hasan Qo’im (da’i SDSB DDHK) di hadapan jamaah kajian sore Ulil Albab (UA) DDHK, , Ahad (10/3), di Tenda Putih Bawah, kawasan Victoria Park, Causeway Bay, Hong Kong.

Sebelumnya, jamaah BMI Hong Kong aktivis UA DDHK ini mengikuti pelatihan pemantapan membaca Al-Quran metode An-Nahdliyah bersama Ustadz Sabarudin.

Dikemukakan Ust. Hasan, Sunan Kalijaga kala itu menabuh gamelan dan membuat orang sekitar ingin tahu, tapi tempatnya ditutup oleh sunan. Yang ingin masuk harus membayar tiket dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

“Dari awal hanya beberapa orang sampai meningkat puluhan bahkan lebih,” katanya. “Tidak hanya rakyat biasa, tapi juga para raja dan orang-orang keraton ikut menyaksikan karena kepiawaian sunan dalam memainkan wayang dan gamelan serta cerita yang masuk akal. Dengan cara itulah ia mengajak penonton kepada ketauhidan dan kebaikan lainnya.”

Syahadat merupakan rukun Islam yang pertama untuk menjadi muslim,lalu dilanjut deng shalat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu dan mau. “Shalat merupakan tiangnya agama. Dahulukan zakat sebelum infak, jangan hanya infak, tapi tidak zakat atau sebaliknya, karena nilai sedekah atau infak yang kita keluarkan dengan ikhlas dan yakin karena Allah satu banding 10 kali lipat ganjaran,” ujarnya

Acara diakhiri dengan shalat Magrib berjamaah. (Rima Khumaira/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *