Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Kaligrafer Irak Membuat Mushaf Al-Qur’an Terpanjang di Dunia

Kaligrafer Irak Membuat Mushaf Al-Qur’an Terpanjang di Dunia

quran terpanjangSeorang kaligrafer Irak, Hussain Al- Kharsan, tengah berusaha membuat sejarah dengan menulis mushaf Al-Quran terpanjang di dunia dan meraih Guinness World Record. Al- Kharsan menuliskan ayat-ayat suci itu di atas kertas sepanjang 5.500 hingga 6.000 meter.

“Sangat baik melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan Al-Qur’an,” kata Hussain Al-Kharsan kepada kantor berita Prancis, Agence France Presse (AFP). “Saya tidak digaji untuk pekerjaan saya ini, meskipun ada kesepakatan bahwa saya mendapatkan persentase dari anggaran proyek, yaitu sekitar 100 juta dinar (US$83,300).”

Berpartisipasi dalam kompetisi kaligrafi Arab sejak berusia sembilan tahun, Kharsan, 25 tahun, menulis pada empat lembar kertas putih yang masing-masing sepanjang 1.500 meter. Dia telah berhasil menyalin 13 halaman Quran sejak ia mulai karyanya sekitar satu bulan lalu.

Guinness World Records tidak memiliki entri untuk rekor Al-Qur’an terpanjang, namun Al-Quran terbesar berukuran lebar dua meter dan 1,52 meter diresmikan di Rusia pada November 2011.

Januari lalu, seorang kaligrafer Afghanistan menciptakan mushaf Alquran terbesar di dunia dengan lebar halaman 2,28 meter.

Salinan Quran terkecil dicetak di Kairo tahun 1982 dan dimiliki oleh seorang pria Pakistan. Ukurannya 1,7 x 1,3 cm. (Mel/Onislam.net/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *