Beranda > Dunia Islam > Kampus-Kampus Amerika Rekrut Ustadz

Kampus-Kampus Amerika Rekrut Ustadz

US Muslim Chaplains Fill Campuses NeedsMelayani kebutuhan keagamaan mahasiswanya yang Muslim, sejumlah kampus perguruan tinggi di Amerika Serikat merekrut ustadz. Para ustadz itu juga bertugas menyebarkan pemahaman Islam yang benar dan meluruskan persepsi tentang Islam.

“Sebagai seorang guru agama, Anda menjadi narasumber,” ujar Abdullah T. Antepli, seorang ustadz di Duke University, North Carolina. “Anda menjadi suara Islam dan seluruh kampus akan berpaling kepada Anda pada urusan Islam.”

Menyelesaikan pendidikan di Turki negara asalnya, Imam Abdullah datang ke Amerika sebagai mahasiswa tahun 1998. Dia kemudian beralih profesi menjadi rohaniawan setelah melihat kekosongan guru Islam guna membimbing mahasiswa Muslim di kampus.

Ia diangkat sebagai ustadz pertama kali di Wesleyan University tahun 2003-2005, lalu pindah ke Hartford Seminary di Connecticut dan menjabat Direktur Humas Program Kerohanian IslamĀ  & Hubungan Antar Agama.

“Mereka (rohaniawan kampus) bertindak sebagai pemimpinan agama bagi anggota di kampus mereka. Ini lebih sulit daripada menjadi seorang imam di setiap masjid,” kata Abdullah.

Jumlah Muslim Amerika diperkirakan mencapai 6-8 juta jiwa.

Bard College di Hudson Valley, New York, adalah universitas pertama di Amerika yang menunjuk rohaniawan Muslim di pertengahan 1990-an.

Di antara universitas yang menunjuk rohaniawan Muslim adalah Yale, Princeton, dan Duke. Cornell University juga berencana mempekerjakan rohaniawan muslim di kampus mereka. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *