Wednesday, January 16, 2019
Beranda > Dunia Islam > Kapal Bantuan Gaza Dibelokkan ke Yunani

Kapal Bantuan Gaza Dibelokkan ke Yunani

Sepuluh penggiat kemanusiaan yang berniat menyalurkan bantuan ke Gaza dengan menggunakan kapal, dilaporkan dibawa ke Yunani oleh kapten kapal.

Organisasi yang mengatur penyaluran bantuan, The Road to Hope, mengatakan insiden ini berawal dari cekcok antara para penggiat dan kapten kapal Strofades IV mengenai besarnya pembayaran.

Sengketa berlangsung ketika kapal bantuan tengah bersandar di pelabuhan Derna di Libya.

Kapten kemudian mengangkat jangkar tanpa izin, meninggalkan pelabuhan, menabrakkan badan kapal ke tembok pelabuhan, dan kemudian berlayar menuju Yunani.

Perkembangan ini membuat Ellie Merton, salah seorang pengurus The Road to Hope, khawatir.

“Kapal itu tidak layak untuk dioperasikan dan kapten menunjukkan ia tak peduli dengan keselamatan dirinya, awak kapal, dan para pekerja bantuan,” kata Merton.

Sejauh ini belum ada komentar dari kapten maupun pemilik kapal.

Para penggiat tersebut berasal dari Inggris, Irlandia, dan Aljazair.

Salah seorang di antaranya adalah Tauqir Sharif, warga negara Inggris, yang juga berada di kapal Mavi Marmara, yang diserbu pasukan komando Israel dalam perjalanan menuju Gaza, beberapa bulan lalu.

Aksi Israel ketika itu menewaskan beberapa aktivis. (BBC)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *