Beranda > Hong Kong > Kasus Corona Muncul Lagi, Pembatasan Kumpul 8 Orang Diperpanjang

Kasus Corona Muncul Lagi, Pembatasan Kumpul 8 Orang Diperpanjang

HONG KONG – Pemerintah Hong Kong, Selasa (2/6/2020), memperpanjang ketentuan tentang batas 8 orang dalam pertemuan publik hingga 18 Juni. Pembatasan kedatangan dari luar negeri juga diperpanjang hinggga 18 September.

“Langkah ini dilakukan setelah sekelompok kasus Covid-19 yang baru meledak dalam beberapa hari terakhir, dengan beberapa pasien semuanya terkait dengan seorang wanita berusia 34 tahun yang bekerja di Kwai Chung dan tinggal di Sha Tin,” tulis lembaga penyiaran publik Radio Television Hong Kong (RTHK).

Wanita itu tidak ke luar negeri baru-baru ini. Ahli mikrobiologi Universitas Hong Kong Yuen Kwok-yung memperingatkan, dia mungkin menjadi “penyebar super” virus tersebut.

Para pejabat kesehatan Hong Kong mengatakan dalam sebuah briefing bahwa 4 wanita berusia antara 56 dan 78 tahun yang tinggal di blok yang sama dengan wanita itu kini juga didiagnosis menderita Covid-19. Suami wanita itu, 2 rekannya, dan seorang paramedis yang merawatnya, semuanya juga terlebih dulu telah terjangkit virus.

Di saat yang sama, pada hari Selasa, 2 kasus virus corona dikonfirmasi di Hong Kong. Yaitu, kasus seorang bocah lelaki berusia 15 tahun yang kembali dari Pakistan bulan lalu, dan seorang perempuan berusia 42 tahun yang merawat seorang kerabat lansia di sebuah pusat karantina.

“Kasus-kasus baru tersebut membawa total Hong Kong hingga saat ini ke 1.093 kasus,” tulis RTHK.

Sebelum diperpanjang hingga 18 Juni, seharusnya batas 8 orang untuk pertemuan publik itu akan berakhir pada Kamis (4/6/2020) malam. Sebelumnya, batas maksimal pertemuan adalah 4 orang.

Sekretaris Kesehatan, Sophia Chan, juga mengumumkan bahwa larangan terhadap non-penduduk asing yang memasuki Hong Kong juga akan diperpanjang hingga 18 September. Sebelumnya, aturan tersebut akan berakhir pada 18 Juni mendatang.

Satu-satunya pengecualian adalah bagi orang asing yang telah berada di China daratan, Makau, atau Taiwan selama 14 hari sebelum kedatangan mereka di Hong Kong. Juga, para penduduk dari 3 tempat tersebut, jika mereka belum melakukan perjalanan ke tempat lain dalam 2 minggu terakhir.

Namun, mereka harus menjalani karantina selama 14 hari. Ketentuan itu juga berlaku bagi penduduk Hong Kong yang kembali pulang dari luar negeri. [DDHKNews/sumber: RTHK/foto: SCMP]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *