Beranda > Dunia Islam > Kaum Muslimah Selamatkan Masjid Pertama di Kanada

Kaum Muslimah Selamatkan Masjid Pertama di Kanada

Kaum Muslim Kanada akan memperingati 20 berdirinya Masjid Al-Rasyid di Fort Edmonton Park, museum bersejarah terbesar di Kanada, bulan Mei 2012. Sorotan akan ditujukan pada peran kepemimpinan perempuan Muslim dalam peristiwa bersejarah tentang masjid tersebut.

Lima puluh tahun setelah mereka berada di garis depan untuk menyelesaikan pembangunan masjid pertama di Kanada tahun 1938, perempuan Muslim mengambil alih kampanye untuk menyelamatkannya dari pembongkaran.

Aksi mereka mengejutkan banyak pihak karena tidak hanya berhasil menjaga masjid itu sebagai bagian tak tergantikan dari warisan sejarah Islam di Kanada, namun juga mengabadikannya dalam museum sejarah.

Masjid Al-Rasyid nyaris runtuh setelah pusat Islam yang baru dibangun tahun 1982. Berbagai upaya untuk mengumpulkan uang dan mencari lokasi baru untuk struktur lama gagal. Al-Rasyid ditetapkan untuk pembongkaran tahun 1988. Komunitas Muslim saat itu hanya bisa berharap ada keajaiban.

Bagi banyak orang, termasuk warga Kanada dari berbagai agama lain, hilangnya masjid tertua yang menjadi bangunan bersejarah di Kanada itu merupakan hal yang tak terpikirkan.

Al-Rasyid lebih dari sekadar tempat ibadah. Ia juga menggambarkan sejarah perjuangan dan integrasi penduduk awal kaum Muslim di Kanada.

Untuk menyelamatkan masjid, 12 perempuan Muslimah mendirikan organisasi Canadian Council of Muslim Women (CCMW) tahun 1982. Dipimpin oleh Lila Fahlman dan Razia Jaffer, pendiri dan presiden, CCMW berkampanye di kalangan Muslimah untuk berusaha menyelamatkan masjid.

Berkat perjuangan mereka, tahun 1992 Masjid Al-Rasyid diperbaiki dengan menjaga keaslian bangunan sebagaimana tahun  1938. Masjid kemudian dibuka untuk umum. Hari ini, masjid itu menjadi warisan hidup bagi semua warga Kanada. (Mel/Arabnews.com/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *