Beranda > Konsultasi Islam > Kenapa Doa Saya Tidak Dikabulkan?

Kenapa Doa Saya Tidak Dikabulkan?

doa

doaKatanya Allah tuh maha adil..tapi kenapa di saat aq butuh keadilan dia ga pernah mengabulkan doa saya.. Saya sering sekali shalat, bahkan berdoa ampe meminta minta n nangis ma Alloh.. tpi kenapa Alloh cma diam saja..? Tapi liat tmen2 saya yang ga shalat, merka hidup bahagia n selalu aza terkabul tiap kali berdoa.. apa ntu namanya keadilan? Kenapa doa saya tidak dikabulkan?

JAWAB: Benar, Allah SWT Mahaadil, pun tidak pernah diam. Dia Yang Mahakasih selalu merespons doa-doa hamba-Nya  (QS. Ghafir:60), selama sang hamba berdoa dengan sungguh-sungguh, khusyu’, dan sabar.

Namun, ingat juga “tadzkirah” dari Rasulullah Saw agar kita bersabar dan jangan mengatakan “doa saya tidak dikabulkan”.

“Akan dikabulkan permintaan seseorang di antara kamu, selagi tidak tergesa-gesa, yaitu mengatakan: Saya telah berdoa tetapi belum dikabulkan”. [HR. Bukhari dan Muslim].

Allah SWT Mahatahu apa yang terbaik buat kita. Tawakal saja dan terus beribadah dan doa.

Lagi pula, doa adalah ibadah, baik dikabulkan atau tidak. Allah tidak akan menyia-nyiakan amal baik kita. Pasti itu!

Pastikan, kita juga memenuhi syarat dikabulkan doa, antara lain ikhlas, doanya baik (untuk kebaikan), dan makanan dan pakaian kita halal.

“Seorang laki-laki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat kedua tanganya ke langit tinggi-tinggi dan berdoa : Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimana doanya bisa terkabulkan?” [HR. Muslim].

Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, tiap doa pasti terkabulkan, tapi dengan bentuk pengkabulan yang berbeda-beda, terkadang apa yang diminta terkabulkan, atau terkadang diganti dengan sesuatu pemberian lain, sebagaimana hadits Nabi Saw dari ‘Ubadah bin Shamit:

“Tidak ada seorang muslim di dunia berdoa memohon suatu permohonan melainkan Allah pasti mengabulkannya atau menghilangkan daripadanya keburukan yang semisalnya” [Fathul Bari].

Jika merasa doa tidak dikabulkan, mari kita simat sabda Rasulullah Saw berikut ini:

”Tidaklah seorang muslim berdoa kecuali dikabulkannya. Bisa dengan dipercepat pemberiannya di dunia, bisa dijadikan tabungan baginya di akhirat dan bisa juga dihapuskan dosa-dosanya setara dengan doanya selama ia tidak berdoa sambil berbuat dosa atau memutuskan silaturahmi atau meminta cepat-cepat dikabulkan” (HR Tirmidzi dari Abu Hurairoh). Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Kenapa Doa Saya Tidak Dikabulkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *