Sunday, December 16, 2018
Beranda > Dunia Islam > Kerusuhan Bahrain Meningkat, Pemerintah Tangkap Dua Tokoh Penentang

Kerusuhan Bahrain Meningkat, Pemerintah Tangkap Dua Tokoh Penentang

DDHK News — Kerusuhan di Bahrain dilaporkan meningkat dan menimbulkan dampak negatif bagi dunia usaha. Keadaan darurat diberlakukan di Bahrain setelah berlangsungnya gelombang demonstrasi reformasi politik.

Pasukan anti huru-hara bertindak keras terhadap para demonstran. Dipastikan ada lima orang tewas, ketika polisi membungkam demonstrasi di alun-alun yang terletak di pusat ibukota Manamah.

Kerusuhan tidak saja berlangsung di sekitar alun-alun dan sekitar pusat perdagangan di Manamah, namun juga di wilayah lain di Bahrain. Berbagai jalan utama ditutup.

Pemerintah Bahrain menangkap dua pemimpin oposisi Syiah, yakni Hassan Mushaima dari pergerakan Haq dan Ibrahim Sharif pemimpin komunitas Waad. Keduanya ditangkap Rabu (16/3).

Enam orang tewas dan lebih dari 1.000 mengalami luka sehari sebelumnya dalam bentrokan fisik antara pendemo anti-rezim dengan tentara keamanan Bahrain yang didukung tentara Saudi dan negara anggota GCC.

Pada Rabu pagi, polisi Bahrain menewaskan lima pendemo dan melukai puluhan lainnya di Bundaran Pearl.

Serangan datang dua hari setelah Arab Saudi dan negara anggota GCC mengirimkan tentaranya untuk membantu Bahrain mengatasi pendemo.

Menteri kesehatan Bahrain yang beraliran Syiah mengundurkan diri sebagai tanda protes penggunaan kekerasan. Para hakim Syiah juga mengundurkan diri.

Bahrain yang berpenduduk 800.000 orang dan merupakan markas Armada Kelima Angkatan Laut Amerika Serikat adalah negara Teluk pertama yang mengalami kerusuhan di dunia Arab. Demonstrasi telah dimulai sejak bulan lalu. (Mel/ANP/AFP/RNW/BBC).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *