Beranda > Hong Kong > Khutbah Idul Adha: 4 Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim dan Keluarga

Khutbah Idul Adha: 4 Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim dan Keluarga

kisah Nabi ibrahim

TUNG CHUNG | HONG KONG – Dai Cordofa Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Ustadz Ohan Burhanudin, Ahad (11/8/2019), menjadi imam dan khatib shalat Idul Adha di Tung Chung. Pada khutbah shalat yang diselengggarakan DDHK bareng majelis An-Nur Tung Chung tersebut, Ustadz Ohan menyampaikan pesan-pesan penting yang terkandung dari kisah perjalanan spiritual Nabi Ibrahim ‘alaihis-salam.

“Ada empat pelajaran dari kisah Nabi ibrahim ‘alaihis-salam dan keluarganya,” kata Ustadz Ohan di hadapan ratusan Jemaah.

Pertama, berbaik sangka kepada Allah Ta’ala. Nabi Ibrahim dan Siti Hajar, keduanya mampu husnuz-zhon atau berbaik sangka kepada Allah, disaat Ibrahim meninggalkan istri dan anaknya di suatu tempat yang di dalam al-Qur’an disebutkan sebagai lembah yang tidak ada kehidupan di dalamnya. “Begitu juga istrinya (Siti Hajar) siap ditinggalkan suaminya, sekalipun tidak banyak membawa bekal, karena meyakini suaminya pergi atas perintah Allah Ta’ala,” kata Ustadz Ohan.

Pesan kedua, mencari rezeki yang halal. Disaat Ismail kecil sudah menangis karena kehausan dan kelaparan, Siti Hajar merasa gelisah dengan kondisi anaknya. Akhirnya, ia bolak-balik antara bukit Shafa dan bukit Marwah.

“Ini merupakan usaha baliau, walaupun akhirnya air yang dicarinya ada di dekat anaknya sendiri,” ujar Ustadz Ohan dalam khutbahnya.

Ketiga, berkurban untuk Allah. Nabi Ibrahim dan keluarganya rela berkurban untuk dan karena Allah Ta’ala, dengan apapun risiko yang akan mereka hadapi. “Jangankan harta, nyawa anaknya pun siap dikorbankannya, jika itu perintah dari Allah Ta’ala,” ujarnya.

Pesan keempat, mendidik keluarga. Ismail tidak akan menjadi anak yang baik, kecuali karena ada didikan ayah dan bundanya. Begitu juga Siti Hajar, tidak bisa menjadi istri salehah jika tanpa bimbingan suaminya.

“Begitu juga Ibrahim, tidak akan menjadi suami dan ayah yang saleh jika tanpa bimbingan Allah,” ujar Ustadz Ohan. [DDHKNews]

Baca Juga:

Khutbah Idul Adha: Momentum Meningkatkan Ketaatan Kepada Allah Ta’ala

Khutbah Idul Adha: Momentum Wujudkan Keimanan dan Keikhlasan Beribadah dengan Berkurban

Khutbah Idul Adha: Ibadah Kurban Mengandung Nilai Ketauhidan Hingga Kepekaan Sosial

 

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *