Beranda > Dunia Islam > Korea Terbitkan Buku Panduan Muslim-Friendly Restaurant

Korea Terbitkan Buku Panduan Muslim-Friendly Restaurant

Muslim Friendly Restaurants in Korea

Muslim Friendly Restaurants in KoreaDDHK News, Korea — Meningkatnya jumlah wisatawan Muslim dan warga negara asing di Korea, mendorong Organisasi Pariwisata Korea (KTO) menerbitkan panduan restoran halal untuk para turis muslim.

Ditulis dalam bahasa Inggris, buku berjudul ‘Muslim Friendly Restaurants in Korea’ ini berisi 118 restoran di seluruh Korea. Tempat-tempat makan tersebut dibagi ke dalam lima kategori.

Kategori ‘Halal-Certified’ terdiri dari restoran-restoran yang resmi mendapat sertifikat halal dari Federasi Muslim Korea. ‘Self-Certified’ berarti restoran mengaku menggunakan bahan-bahan halal namun tak bersertifikat resmi.

Tanda ‘Muslim Friendly’ bermakna restoran tersebut dikelola muslim namun masih menjual alkohol. Kelompok ‘Muslim Welcome’ menyajikan makanan vegetarian atau bebas babi. Sementara itu, tempat makan yang digolongkan ‘Pork-Free’ tak menyajikan daging babi namun memiliki daging nonhalal lain.

Buku ini juga mengelompokkan 36 menu Korea terkenal ke dalam empat kategori, yakni sayuran saja, makanan berbahan seafood, makanan berbahan sayuran atau seafood, serta makanan berbahan daging namun bukan daging babi. Tujuannya agar para pelancong muslim memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencicipi hidangan Korea.

“Makanan halal adalah faktor terpenting saat muslim menentukan tujuan wisata. Kami yakin pengelompokan yang pertama kali di Korea ini akan berperan besar menarik turis muslim ke Korea,” kata juru bicara KTO.

Jumlah turis dari Timur Tengah meningkat 33% dari 18,508 selama Januari-November 2013 menjadi 24,612 dalam periode yang sama tahun 2014. Turis dari negara-negara Muslim Asia seperti Malaysia dan Indonesia masuk 10 besar turis yang berkunjung ke Korea tahun ini.

Buku panduan restoran Muslim tersedia di situs resmi Korea Tourism Organization versi Inggris (english.visitkorea.or.kr) mulai Januari 2014. (mel/koreaherald.com/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *