Beranda > Hong Kong > Lagi, 2 pria Indonesia tertipu lowongan kerja di Hong Kong (1)

Lagi, 2 pria Indonesia tertipu lowongan kerja di Hong Kong (1)

CAUSEWAY BAY | HONG KONG – Dua orang pria asal Indonesia, Muritno dan J, ditipu puluhan juta rupiah, dengan modus lowongan kerja “bodong” di Hong Kong. Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) membantu kedua korban, saat proses menjalani penanganan kasus.

Muritno mengaku mendapatkan tawaran kerja di Hong Kong dari temannya di kampung. “Saya kenal dia waktu sama-sama bekerja di Korea,” ujarnya, saat ditemui di kantor DDHK di Causeway Bay.

Selain si teman itu, ada dua orang lainnya yang terlibat. Seseorang yang mengaku sebagai sponsor di Jakarta dan seseorang yang mengaku sebagai agen yang akan memproses pemberangkatan ke Hong Kong.

“Katanya sedang dibutuhkan cepat dan harus cepat berangkat, kerjanya menjaga vila dan bekerja di lapangan golf,” kata pria asal Brebes, Jawa Tengah, itu.

Muritno diiming-imingi gaji lebih dari HK$10 ribu. “Saya sudah keluarkan uang Rp53 juta, bleum termasuk biaya pembuatan paspor. Rp3 juta untk DP (tanda jadi) kepada pihak pertama, dan Rp50 juta diserahkan ke pihak kedua. Katanya, untuk pembelian tiket ke Hong Kong dan biaya lain,” ujar pria kelahiran 26 Maret 1978 ini.

Muritno mengaku dibekali uang sebesar HK$2,000 untuk uang saku dan US$800 untuk kebutuhan di Hong Kong dan proses kerja. “Sejak hari pertama tiba di Hong Kong, saya menyadari bahwa saya ini ditipu, karena seperti dibuang begitu saja,” kata pria yang sudah berada di Hong Kong hampir 2 bulan, sejak 28 Oktober 2019.

Setiba di Hong Kong, Muritno diantar pelaku penipuan ke hotel untuk beristirahat. Setelah itu, tidak ada orang yang menghubunginya lagi untuk membicarakan lowongan kerja yang pernah dinjanjikan. Setelah sadar kena tipu, Muritno meninggakan hotel dan mencoba mencari bantuan.

Ia pun bertemu dengan seorang pria asal Indonesia. “Saya kemudian diajak tinggal di kos-kosannya di daerah Sham Shui Po,” ujar Muritno.

“Alhamdulillah, proses kasus saya berjalan lancar. Saya ucapkan terima kasih kepada Christian Action dan KJRI Hong Kong yang telah mendampingi proses kasus saya. Saya ucapkan terima kasih juga kepada Dompet Dhuafa yang telah membantu saya, mulai tempat menginap, makan, dan uang santunan. Seandainya saya tau dari awal ada Dompet Dhuafa di Hong Kong, saya pasti langsung ke Dompet Dhuafa saja,” ujarnya. [Riana/Marlina]

  • Bersambung… [Diimingi gaji HK$12 ribu, kerja di cargo]
DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *