Beranda > Hong Kong > Leung Chu-ying Terpilih Menjadi Pemimpin Baru Hong Kong

Leung Chu-ying Terpilih Menjadi Pemimpin Baru Hong Kong

Leung-ChunMantan penasihat pemerintah dan konsultan properti, Leung Chu-ying,  terpilih menjadi pemimpin baru Hong Kong, Ahad (25/3). Leung (57 tahun) akan menggantikan Chief Executive (CE) Hong Kong saat ini, Donald Tsang, mulai Juni 2012, setelah meraih 689 suara dari komite pemilihan.

Komite yang memiliki 1.200 anggota tersebut bertugas memilih siapa yang berhak memimpin wilayah administratif khusus Cina tersebut.

Tepuk tangan bergema dari para delegasi di ruang penghitungan suara ketika angka perolehan suaranya melewati batas minimum 601 suara yang diperlukan untuk menjadi pemenang.

Pesaing utamanya, Henry Tang, meraih 285 suara dan kandidat prodemorkasi, Albert Hon, memperoleh 75 suara.

Ribuan pemrotes  berkumpul di luar pusat konvensi di pinggir pelabuhan tempat pemungutan suara itu dilakukan.

Mereka menuntut demokrasi penuh diterapkan di daerah semi-otonomi bekas koloni Inggris yang diserahkan ke Pemerintah Cina tahun 1997 itu.

Para pemrotes yang suaranya dapat terdengar di ruang penghitungan suara dilaporkan cukup ribut tetapi umumnya tidak rusuh.

Leung, sebagai putra seorang polisi, memiliki latar keluarga sederhana. Ini sangat berbeda dengan latar belakang Tang yang menjadi kaya karena tekstil.

Sebelumnya, Leung mengemukakan kepada wartawan bahwa ia ingin mendapat dukungan masyakakat seluas mungkin.

“Setiap penduduk memiliki pendapat mereka sendiri tentang pemilihan itu. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menghilangkan persepsi negatif rakyat tentang pemilihan ini,” katanya. (ANTARA).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *