Beranda > BMI Menulis > Masjid Ibrahim, Tempat Shalat di Yau Ma Tei

Masjid Ibrahim, Tempat Shalat di Yau Ma Tei

TEMPAT SHALAT

YAU MA TEI | HONG KONG – Adakah Sahabat Muslim yang pernah singgah di Yau Ma Tei? Di Map kereta MTR, stasiun Yau Ma Tei ada diantara stasiun Mong Kok dan Jordan.

Di Yau Ma Tei, tepatnya di Gascoigne Road Nomor 36, terdapat Gedung Labour Tribunal. Yaitu, pengadilan tempat pekerja migran Indonesia (PMI) memperkarakan kasus ketenagakerjaan dengan majikan.

Secara geografis, utara Yau Ma Tei, yang ditandai oleh Dundas Street, berbatasan dengan Mong Kok dan Austin Road. Di selatan, Yau Ma Tei berbatasan dengan Jordan dan dan Tsim Sha Tsui. Di sebelah baratnya, ada Victoria Harbour. Sedangkan di sebelah timur, berbatasan dengan wilayah berbukit Ho Man Tin.

Yang cukup dikenal dari Yau Ma Tei adalah Temple Street. Pada malam hari, pasar yang menjual berbagai jenis produk, termasuk pakaian, dekorasi, VCD, dan mainan, ini banyak dikunjungi wisatawan.

Nah, kami ingin berbagi info nih buat Sahabat Muslim yang kebetulan sedang berkegiatan di Yau Ma Tei. Atau, memang tinggal dan bekerja di sana.

Di Yau Ma Tei, ada Masjid Ibrahim. Lokasinya, di Hoi Wang Road.

Berdasarkan keterangan di Wikipedia, Masjid Ibrahim adalah masjid keenam dan terbaru yang dibangun di Hong Kong. Masjid ini dikelola oleh United Welfare Union Hong Kong Limited. Masjid yang dapat menampung hingga ratusan jemaah ini pembangunannya dimulai pada Juli 2013, dan diresmikan pada 24 November 2013.

Saat diumumkan keberadaannya beberapa tahun silam, banyak kalangan warga Indonesia yang datang ke Masjid Ibrahim. Baik para pegiat dakwah, asatidz yang sedang datang ke Hong Kong, hingga pekerja migran Indonesia (PMI) dan para pengurus majelis taklim. Masjid Ibrahim pun menjadi salah satu masjid yang disinggahi dan diziarahi setiap kali komunitas Indonesia mengggelar kegiatan tur dari masjid ke masjid.

Selain digunakan untuk pelaksanaan shalat berjamaah lima waktu setiap hari, Masjid Ibrahim juga digunakan untuk pelaksanaan shalat Jumat dan shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Dari pengalaman para jemaah peserta tur dari masjid ke masjid, pengelola juga menyediakan tempat khusus untuk jemaah Muslimah yang shalat dan berkegiatan di Masjid Ibrahim.

Apabila Sahabat Muslim ingin menuju Masjid Ibrahim dari Causeway Bay, bisa menggunakan kereta MTR. Dari stasiun MTR Causeway Bay, naik kereta jurusan Kennedy Town, turun di Admiralty. Lalu, berpindah ke jalur Tsuen Wan, dan turun di stasiun Jordan.

Di stasiun Jordan, ambil pintu keluar Exit A. lalu, berjalan kaki menyusuri Jordan Road dan Man Wui Street. Dibutuhkan waktu 16 menit untuk mencapai Masjid Ibrahim.

Sahabat Migran juga bisa turun di MTR Yau Ma Tei, dan keluar lewat pintu Exit B2. Dari sana, tinggal menyeberang menuju pemberhentian minibus nomor 43M. Menggunakan minibus, membayar HK$4, hanya menempuh perjalanan sekitar 5 menit. Pemberhentiannya, sekitar 100 meter setelah melewati masjid.

Namun, berdasarkan informasi yang ditempel di lokasi masjid yang bangunannya masih dalam bentuk semipermanen ini, Masjid Ibrahim rencananya akan dipindahkan ke Ferry Street yang berlokasi sekitar 1,2 kilometer dari lokasi masjid saat ini.

Selain pemindahan lokasi, bangunan masjid yang semipermanen juga akan dipermanenkan. Untuk itu, pengelola membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pengelola berharap, mendapatkan dukungan donasi dari kalngan Muslim di Hong Kong. [Siti Ngatipah | Sumiati]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *