Monday, December 17, 2018
Beranda > Ragam > Masjid, Tempat Terbaik di Muka Bumi

Masjid, Tempat Terbaik di Muka Bumi

”Masjid adalah tempat paling baik dan paling dicintai Allah Swt di muka bumi ini. Dari Abi Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, ”Tempat paling dicintai Allah di negeri-negeri adalah masjid-masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah di negeri-negeri adalah pasar-pasarnya” (HR. Muslim).

”Seorang lelaki bertanya kepada Nabi Saw, “Tempat apakah yang paling buruk?” Beliau menjawab, “Aku tidak tahu hingga aku bertanya kepada Jibril.” Maka beliau bertanya kepada Jibril, dia (Jibril) pun berkata, “Aku tidak tahu sampai aku bertanya kepada Miikaa’iil.” Maka (Miikaa’iil) dia pun datang lalu berkata, “Sebaik-baik tempat adalah masjid-masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar-pasar” (HR. Ibnu Hibban).

“Seburuk-buruk majelis (tempat berkumpul) adalah pasar-pasar dan jalan-jalan sempit dan sebaik-baik majelis adalah masjid-masjid. Maka bila engkau tidak duduk-duduk di masjid, maka hendaklah engkau diam di rumahmu” (HR. Ath-Thabrani).

Masjid, sudah jelas, merupakan rumah Allah, rumah ibadah, tempat termulia di muka bumi, dan pusat aktivitas keislaman. Di negara-negara Barat, umat Islam harus berjuang keras untuk bisa mendirikan masjid. Tidak jarang warga sekitar yang non-Muslim menentangnya. Tidak jarang pula masjid di Amerika dan Eropa dikotori, dirusak, bahkan diakar oleh mereka yang anti-Islam.

Jumat (15/4) bom meledak di Masjid Az-Zikra Mapolresta Cirebon. Diduga kuat bom bunuh diri, pelaku tewas, 26 orang terluka. Bom diledakkan ketika Imam Shalat Jumat mengangkat kedua tangan, memulai shalat, mengucapkan takbir.

Percayakah Anda bahwa pelaku pengeboman seorang Muslim? Sulit dipercaya! Mengingat seorang Muslim tidak mungkin menodai rumah Allah, rumah ibadahnya sendiri! Lagi pula, Islam tidak mengajarkan perilaku jahat yang anti-kemanusiaan seperti itu.

Karena aksi pengeboman itu pun hanya merusak citra Islam dan kaum Muslim, maka mustahil sang pelaku melakukan itu demi Islam. Pelaku pengeboman itu sangat layak diduga sebagai orang yang tidak beragama sama sekali!

Muslim sejati takkan melukai orang lain. Seorang Muslim tidak akan mengganggu atau mencelakai Muslim lain dengan tangan dan lidahnya. Ucapan salam di akhir shalat, ke kiri dan ke kanan, adalah simbol bahwa Muslim adalah penebar keselamatan bagi sekitarnya. Nabi Muhammad Saw bersabda: “Seorang Muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti Muslim lain..” (HR. Bukhari).Wallahu a’lam. (Mel).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *