Monday, December 17, 2018
Beranda > Indonesia > Menakertrans: 500.000 TKI di Malaysia bermasalah

Menakertrans: 500.000 TKI di Malaysia bermasalah

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar mengatakan sekitar 500.000 orang lebih dari total 2,2 juta jiwa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia bermasalah.

“Umumnya persoalan para TKI ini karena tidak memiliki identitas resmi di sana,” kata Menakertras Muhaimin Iskandar seusai melakukan kunjungan kerja di Pendopo Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, hari ini.

Muhaimin mengemukakan selain tidak memiliki kartu identitas, sebanyak 177 di antaranya terjerat hukum dan kini sedang ditangani oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Malaysia.

“Penanganan yang dilakukan oleh KBRI berupa bantuan hukum terhadap mereka dan mengurus segala kelengkapan administrasinya,” kata Muhaimin Iskandar.

Umumnya, kata Menakertrans Muhaimin Iskandar, para TKI yang berkerja di Malaysia ini memang berpendidikan rendah dan rata-rata hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) sehingga mereka tidak mengerti tentang aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kebanyakan yang ada disana memang merupakan TKI ilegal. Artinya, tidak melalui jalur resmi yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Menteri juga mengimbau agar warga yang hendak bekerja ke luar negeri hendaknya melalui jalur resmi saja, yakni melalui Dinas Tenaga Kerja setempat dan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja (PJTKI) yang telah ditunjuk pemerintah.

Sebab, selain gajinya lebih mahal, kata Muhaimin, keselamatan kerja melalui jalur resmi juga lebih terjamin dibanding melalui jalur tidak sah.

“Yang jelas, kalau bekerja melalui jalur yang legal itu lebih mahal. Mereka di sana aman dan mendapat perlindungan pula,” jelasnya.

Sementara terkait memanasnya hubungan kedua negara akhir-akhir ini, Menakertrans Muhaimin Iskandar menyatakan, tidak berpengaruh terhadap keberadaan tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia.

“Memang ada masalah hukum yang menimpa TKI, tetapi itu bukan karena pengaruh memanasnya hubungan kedua negara,” tegasnya.

ANTARA

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Menakertrans: 500.000 TKI di Malaysia bermasalah

  1. walimatus safar itu sama dengan safari ya? halal bihalal bagi para jemaah haji atau calon jemaah haji? kalau ditempat saya itu jemaah yanh yang sesudah menunaikan ibadah haji. bukan calon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *