Wednesday, February 20, 2019
Beranda > Indonesia > Menakertrans Setuju Fatwa Haram Kirim TKI ke Timur Tengah

Menakertrans Setuju Fatwa Haram Kirim TKI ke Timur Tengah

Banyaknya ustadz dan tokoh agama yang berperan memberikan janji-janji surga agar para Tenaga Kerja Indonesia(TKI) bekerja di Arab Saudi dinilai tidak tepat.  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, pun setuju jika Majelis Ulama Indonesia(MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk TKI yang pergi bekerja di negara-negara yang tinggi pelanggaran HAM-nya, seperti di Arab Saudi (Timur Tengah).

“Saya setuju tokoh-tokoh agama menolak keberangkatan TKI mari sama-sama kita bentengi, hampir semua sepakat, TKI tidak siap haram berangkat kesana,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin ini saat acara diskusi Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (25/6).

Menurut Cak Imin, alkisah pada sekitar tahun 80an sudah ada seruan dari MUI mengenai pengiriman TKI ke Arab Saudi.

Adanya pengiriman TKI, lanjut Cak Imin disebabkan pula oleh cepatnya arus pasar dan proses kapitalisasi. Karena itulah hal itu harus terus sebisa mungkin dihindari.

“Ini kan seruan rasionalitas ekonomi mengalahkan rasionalitas kultural, kita harus punya skenario mengatasi pasar yang bergerak cepat dari kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Fakta-fakta mengejutkan ditemukan terkait TKI. Ketua Pusat Kajian Wanita dan Gender Universitas Indonesia, Sulistyowati Irianto mengatakan di kawasan Condet, Jakarta Timur ditemukan adanya lokasi pelayanan khusus TKI yang lengkap.

“Saya sangat surprise di Condet di sana ada fasilitas lengkap beserta dengan supporting facility, medical center, law firm, jasa pengiriman, one stop training center,” ujar Sulistyowati saat acara diskusi Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (25/6).

Tidak hanya itu, Sulistyowati mengatakan di tempat itu pemilik agency atau penyalur TKI adalah orang-orang keturunan Arab untuk kemudian mereka mengirimkan ke Arab. Tetapi, ada yang menarik, orang-orang kampung setempat banyak menjadi broker bagi para TKI, bahkan para tokoh agama seperti Ustadz juga berperan.

Mereka, lanjut Sulistyowati, terutama para tokoh-tokoh agama justru banyak memberikan petuah-petuah agar TKI berangkat ke Arab Saudi. Seperti halnya menjanjikan surga dan sebagainya apabila bekerja di Arab Saudi.

“Yang paling menentukan itu broker kampung, antara lain para ustadz, bahkan ustadz-ustadz itu menjanjikan surga ada di tanah Arab. Mereka(TKI) kemudian sangat terkejut, bayangan tanah harapan tidak sesuai harapan,” pungkasnya. (TRIBUNNEWS.COM).

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via WA