Saturday, November 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Menara Masjid Dianggap Ancaman bagi Militer Inggris

Menara Masjid Dianggap Ancaman bagi Militer Inggris

DDHK News — Seorang ahli pertahanan Inggris, pensiunan jenderal Tim Cross, menganggap menara pada masjid baru yang tengah diusulkan di Camberley, London,  akan menimbulkan ancaman keamanan bagi Akademi Militer Royal Sandhurst.

Namun, anggapan Cross dibantah Alexis Norman dari Organisasi Infrastruktur Pertahanan. Ia mengatakan, tidak ada masalah asalkan menara tersebut tidak dapat diakses dari dalam.

Kolonel Roddy Windsor, kepala staf di akademi itu, mengatakan survei soal keamanan telah dilakukan dan tingkat ancaman itu sangat kecil. “Saya sepenuhnya puas bahwa masih ada risiko (ancaman) yang sangat kecil,” katanya seperti dikutip situs Get Surrey (7/4).

Perdebatan soal menara masjid itu terjadi dalam sidang penyelidikan tentang rencana pembangunan masjid di atas lahan sekolah yang terbengkalai selama belasan tahun di Sandhurst. Penyelidikan berlangsung hingga Rabu (13/4).

Kontroversi muncul atas rencana pembangunan masjid dan pusat Islam yang diusung Bengali Welfare Association tersebut. Kepala Staf Militer Inggris mengaku tak suka dengan rencana menara setinggi 100 kaki karena menara ini “mengarah ke lapangan akademi militer Sandhurst”.

Bangunan masjid yang baru akan mengakomodasi ruang kelas, ruangan pertemuan terpisah antara perempuan dan pria, layanan pemakaman, serta pusat aktivitas bagi ribuan orang.

Masyarakat Bengal bisa menerima keberatan dari Militer untuk tidak membangun menara. Namun, mereka tidak menerima keberatan warga lain yang meminta bangunan asli tidak diratakan.

Abdul Wasay Chowdhury dari asosiasi Muslim Bengal mengatakan, “Kalau warga peduli terhadap bangunan tua ini, kenapa mereka tidak membelinya? Kami membelinya karena bangunan ini sudah kosong selama 15 tahun”.

Ia juga membandingkan menara masjid dengan gereja. “Menara gereja lokal menjulang tinggi, lebih tinggi dari menara masjid yang akan dibangun, mengapa mereka (militer) tidak komplain dengan hal itu?” (Mel/S&B/Guardian/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *