Beranda > Dunia Islam > Meningkat, Jumlah Muslim Prancis yang Puasa Ramadhan

Meningkat, Jumlah Muslim Prancis yang Puasa Ramadhan

Prancis adalah negara di Eropa yang paling banyak jumlah muslimnya. Jumlah muslim di negeri Menara Eiffel inim menurut lembaga survey Ifop sekira 3,5 juta orang atau 5,8 persen dari total jumlah penduduk Prancis.

Meski demikian, ada yang mempekirakan jumlah Muslim di negeri itu lebih besar, antara 5-6 juta orang dan menjadikan Islam sebagai agama kedua terbesar di Prancis setelah agama Katolik.

Tetapi dari seluruh muslim di Prancis, seperti juga di tempat-tempat lainnya, tidak semuanya muslim yang dikatagorikan sebagai muslim yang taat menjalankan ajaran Islam. Namun, dari survei yang dilakukan Ifop, ada kecenderungan yang menggembirakan. Survei itu menunjukkan bahwa Muslim Prancis yang benar-benar menjalankan ajaran Islam, pada tahun ini meningkat menjadi sekitar 41 persen, dibandingkan mereka yang mengaku hanya “Islam KTP” sebesar 34 persen.

Survei Ifop yang dipublikasikan harian La Croix menyimpulkan bahwa Muslim Prancis yang menghormati bulan Ramadan, dalam arti menunaikan kewajiban puasa Ramadan, jumlahnya meningkat tajam pada tahun ini. Hasil survei menunjukkan 71 persen Muslim Prancis menunaikan puasa pada bulan Ramadan tahun ini. Angka itu lebih tinggi 10 poin dibandingkan tahun 1989, ketika survei pertama di lakukan.

Berdasarkan survei Ifop tahun 1989, 9 persen dari jumlah komunitas Muslim mengaku berpuasa penuh hanya beberapa hari saja dan 20 persen muslim mengaku tidak puasa sama sekali pada saat bulan Ramadan. Sedangkan Ramadan tahun ini, 73 persen lelaki Muslim dan 68 persen muslimah menyatakan berpuasa penuh. Mereka yang taat menjalankan kewajiban puasa Ramadan, menurut survei itu, kebanyakan dari rentang usia 18-24 tahun.

Dari survei Ifop juga diketahui bahwa Muslim Prancis yang menunaikan salat Jumat di sekira 200 masjid yang ada di seluruh Prancis, jumlahnya juga makin meningkat. Jika pada survei tahun 1989 hanya 16 persen, tahun ini prosentasenya mencapai 25 persen. (Eramuslim)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *