Wednesday, November 21, 2018
Beranda > Indonesia > MUI Haramkan TKW Tanpa Persetujuan Suami

MUI Haramkan TKW Tanpa Persetujuan Suami

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta agar semua pihak mematuhi fatwa MUI yang mengharamkan pengiriman TKW yang sudah berkeluarga tanpa seizin suaminya.

“Memang tidak boleh, jangankan ke Luar Negeri, ke Medan saja kalau tidak ada izin suami ya tidak boleh,” kata Ketua Komisi Hukum dan Undang-Undang MUI, Basri Barnanda, di Jakarta (1/7).

Fatwa tersebut berbunyi: “Perempuan yang meninggalkan keluarga untuk bekerja ke Luar kota atau Luar Negeri pada prinsipnya boleh, sepanjang disertai mahram, keluarga, atau lembaga/kelompok perempuan terpercaya (niswah tsiqah).

Jika tidak, maka hukumnya haram, kecuali dalam keadaan darurat yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan secara syar’iy, qanuniy, dan ‘adiy serta dapat menjamin keamanan dan kehormatan TKW.

Hukum haram ini berlaku pula kepada pihak-pihak, lembaga, atau perorangan yang mengirimkan atau terlibat dengan pengiriman TKW, demikian juga pihak yang menerimanya.

Tak hanya itu, fatwa tersebut juga mewajibkan kepada pemerintah, lembaga dan pihak terkait lainnya dalam pengiriman TKW untuk menjamin dan melindungi keamanan dan kehormatan TKW serta membentuk kelompok/lembaga perlindungan hukum di setiap negara tertentu yang menjadi tujuan pengiriman TKW. (TRIBUNNEWS.COM)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *