Beranda > Hong Kong > Mulai Jumat, Kumpul-kumpul Boleh Hingga 8 Orang

Mulai Jumat, Kumpul-kumpul Boleh Hingga 8 Orang

HONG KONG – Chief Executive Hong Kong, Carrie Lam, Selasa (5/5/2020), mengumumkan berbagai kelonggaran terkait meredanya wabah Covid-19 di Negeri Beton. Diantaranya, kumpul-kumpul yang sebelumnya hanya dibolehkan maksimal 4 orang, kini lebih longgar, menjadi maksimal 8 orang.

Meksi ada pelonggaran, namun ketentuan tentang pertemuan kelompok ini tetaplah tegas. Pelanggarnya akan dikenakan denda berat. Untuk penyelenggara, diancam denda maksimum HK$25.000 dan penjara 6 bulan. Sedangkan pelanggar yang hanya berstatus peserta pertemuan kelompok diancam denda langsung HK$2.000.

Carrie Lam mengatakan, mulai hari Jumat (8/5/2020), hingga delapan orang dapat berkumpul di tempat-tempat umum. “Jadi menaikkan angka dari 4 menjadi 8 untuk bisnis katering dan juga untuk larangan pertemuan kelompok di bawah Cap 599G bukanlah ilmu pasti, tetapi ini adalah langkah ke arah relaksasi yang benar,” ujarnya, sebagaimana diberitakan situs resmi pemerintah Hong Kong, news.gov.hk.

“Mungkin dalam waktu 14 hari lagi kita akan menaikkan angka 8 menjadi 10, menjadi 12, menjadi 15, dan seterusnya,” kata Lam.

Mulai 27 Mei Sekolah Dibuka

Anak-anak sekolah Hong Kong akan mulai kembali ke kelas pada akhir Mei setelah berbulan-bulan tinggal di rumah karena wabah Covid-19. Meskipun, pada tahap awal mungkin hanya dibuka untuk sesi setengah hari.

Carrie Lam mengumumkan bahwa siswa kelas Secondary III hingga V akan kembali bersekolah mulai 27 Mei. Anak-anak kelas Primary IV, V, dan VI, serta kelas Secondary I dan II akan kembali ke kelas pada 8 Juni. Sedangkan anak-anak sekolah dasar (Primay School) yang lebih muda dan mereka yang di TK (Kindergarten) III akan kembali sekolah pada 15 Juni.

“Namun dia (Lam) mengatakan tidak akan ada kelas untuk sisa tahun ini untuk anak-anak di 2 tahun pertama TK,” tulis lembaga penyiaran publik Radio Television Hong Kong (RTHK).

Sedangkan untuk sekolah swasta dan internasional, pemerintah mengatakan karena kurikulum mereka berbeda dan properti mereka tidak digunakan untuk ujian DSE, mereka dapat dibuka dalam 2-3 fase kapan saja, mulai 20 Mei. [DDHKNews/sumber: news.gov.hk/RTHK/foto: SCMP]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *