Beranda > Dunia Islam > Muslim Oxford Galang Dana Bantuan untuk Korban Badai di Filipina

Muslim Oxford Galang Dana Bantuan untuk Korban Badai di Filipina

islamic-relief-topan-filipin

islamic-relief-topan-filipinDDHK News, Inggris – Komunitas Muslim Oxford, Inggris, menggalang dana bantuan kemanusiaan untuk korban topan di Filipina. Dikoordinasikan organisasi Oxford Islamic Information Centre (OIIC), mereka mengumpulkan uang di masjid, sekolah, dan bahkan toko-toko.

“Orang-orang miskin kehilangan rumah mereka, orang yang mereka cintai, makanan, dan barang-barang mereka dan kini mereka tidak punya apa-apa,” kata Dr Hojjat Ramzy, Direktur OIIC kepada Oxford Mail, Selasa (19/11).

OIIC mengumumkan pihaknya berhasil mengumpulkan dana £10.000 untuk para korban topan Filipina.

Topan Haiyan memorak-porandakan Filipina pada 8-9 November dan menewaskan sedikitnya 3.974 orang dan menyebabkan 1.186 hilang.

Selama seminggu terakhir, pihak berwenang Filipina dan lembaga bantuan internasional menghadapi krisis kemanusiaan. Jumlah orang yang telantar akibat bencana diperkirakan mencapai 4 juta, naik dari 900.000 akhir pekan lalu.

OIIC menggalang dana bantuan pertama kali di pusat kota Oxford, Sabtu (16/11), dan berhasil mengumpulkan dana £ 2000 untuk dikirim ke Filipina melalui Muslim Aid dan lembaga lain.

Dr. Ramzy menekankan, membantu kaum dhuafa adalah keyakinan yang berakar dalam Islam. “Semangat Islam sangat mendorong pemberian amal dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Kami mengumpulkan dana untuk membantu meringankan perjuangan mereka dalam menghadapi tragedi tersebut,” katanya.

Sejumlah lembaga amal Muslim dunia, termasuk Islamic Relief (Amerika) dan Dompet Dhuafa (Indonesia), juga telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Filipina. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *