Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Nippon Asia Halal Association Bantu Warga Muslim Jepang Dapatkan Produk Halal

Nippon Asia Halal Association Bantu Warga Muslim Jepang Dapatkan Produk Halal

DDHK News, Jepang — Nippon Asia Halal Association (NAHA) membantu warga Muslim di Jepang untuk mendapatkan makanan halal (halal food). Lembaga nirlaba ini dibentuk berdasarkan keprihatinan akan sulitnya mendapat produk halal segar di Jepang, terutama produk dalam negeri. Selama ini, masyarakat muslim di sana memenuhi kebutuhan produk halalnya lewat produk impor.

“Saat saya ke Jepang tahun 2006, hampir tidak ada restoran berlabel halal,” kenang Rodiyan Gibran Sentanu dari NAHA, saat berbicara di acara Japan Halal Food Project, Kamis (05/12/13), seperti dikutip detik.com.

Waktu itu, lanjutnya, ia dan para pendatang muslim lainnya dari Indonesia terbantu oleh panduan yang disusun Rachmat Gobel sebagai Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJ).

“Kami waktu itu buta Bahasa Jepang. Pak Rachmat membantu kami mengenali beberapa huruf kanji yang menandakan kalau produk pangan atau makanan di suatu restoran tak halal,” ujarnya.

Bersama rekan-rekannya, kala itu Rodiyan harus mengecek komposisi produk pangan sebelum mengonsumsinya. Bahkan, mereka juga memastikan kehalalan bahan baku produk dengan menelepon produsen satu per satu. “Hasilnya kami bagi di forum,” katanya.

Sebenarnya, Jepang memiliki badan sertifikasi halal resmi. Namun, lembaga ini tak aktif karena sertifikasi halal belum populer di kalangan industri dan masyarakat nonmuslim Jepang.

Perkembangan halal di Jepang
Menurut Rodiyan, kondisi ini tampak berubah dalam dua tahun terakhir. Minat kalangan industri Jepang dalam memproduksi produk halal semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan selalu penuhnya pengunjung seminar halal.

NAHA, bekerjasama dengan berbagai pihak, berperan mempromosikan halal di Jepang. Lembaga ini juga sudah memberikan sertifikat halal untuk 11 produk yang terdiri dari susu, yogurt, dan keripik senbei. “Saat ini kami masih fokus kepada makanan,” ujar Rodiyan.

Untuk meningkatkan kualitas sertifikasi halalnya, NAHA bekerjasama dengan beberapa lembaga sertifikasi halal yang sudah diakui dunia, seperti MUIS di Singapura. Begitupula dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Beberapa staf NAHA sudah mengikuti pelatihan sertifikasi halal yang diselenggarakan LPPOM MUI. Dewan direksi NAHApun sudah beberapa kali bertemu pimpinan LPPOM MUI. “Apabila NAHA sudah diakui LPPOM MUI, produsen Jepang akan lebih mudah mendaftar sertifikasi halal,” jelas Rodiyan.

NAHA berharap bisa menjadi pihak yang menghubungkan perusahaan Jepang dan LPPOM MUI, MUIS di Singapura, JAKIM di Malaysia, serta lembaga sertifikasi halal lain di dunia. Terutama dalam mengatasi kendala bahasa.

NAHA menawarkan bantuan konsultasi, pengenalan bahan dan prosedur sertifikasi halal, pendaftaran, inspeksi pabrik, sampai penerbitan sertifikat halal. Tak hanya itu, inspeksi setelah sertifikat halal dikeluarkan dan pembaharuan sertifikat juga akan dipandu NAHA.

Dengan dipermudahnya akses terhadap sertifikasi halal, diharapkan masyarakat dunia tak lama lagi dapat merasakan produk halal buatan Jepang. Apalagi, Tokyo terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 2020. Perhatian pemerintah pusat dan daerah terhadap makanan halal diramalkan akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan para kontingen muslim.

Karena itu, diharapkan ketersediaan produk halal sebagai pendukung sektor pariwisata untuk menarik turis muslim dari luar Jepang akan meningkat. Dengan demikian, warga muslim Jepang juga akan terbantu. (mel/food.detik.com/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *