Beranda > Dunia Islam > Norwegia Kini Punya Menteri Beragama Islam

Norwegia Kini Punya Menteri Beragama Islam

Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, menunjuk seorang perempuan Muslim menjadi Menteri Kebudayaan. Penunjukan itu bagian dari reshufle kabinet yang dilakukan Stoltenberg, Jumat (21/9).

Hadia Tajik, Muslimah keturunan Pakistan, menjadi warga Muslim pertama Norwegia yang pernah menjadi anggota kabinet sekaligus menteri termuda dalam sejarah negara-negara Skandinavia.

Hadia, 29 tahun,  sudah mengemukakan program-program kerjanya dalam sebulan mendatang. Ia menggarisbawahi, keragaman budaya mesti menjadi hal yang tak diperdebatkan lagi dalam kehidupan sehari-hari di Norwegia.

Sebelumnya, pada 2009, Hadia terpilih menjadi Ketua Partai Buruh Norwegia daerah Oslo, ibukota Norwegia. Sebelum berpolitik, ia bekerja sebagai jurnalis lalu beralih menjadi penasihat pada Menteri Hukum, Knut Storberget, antara 2008 hingga 2009.

Selama bertugas di sana, kementerian hukum memutuskan polisi wanita menggunakan hijab (jilbab) selama bekerja. Namun, keputusan itu dicabut mendadak setelah mendapat banyak kritik dari Partai Konservatif dan anggota koalisi kabinet. (Mel/Alarabiya.net/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *