Wednesday, December 19, 2018
Beranda > Featured > Orang Indonesia Jadi Warga Asing Terbanyak di Hong Kong

Orang Indonesia Jadi Warga Asing Terbanyak di Hong Kong

Populasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Hong Kong menempati urutan teratas dari jumlah warga negara asing di negara tersebut, dengan jumlah mencapai 156 ribu orang atau sekitar dua persen dari jumlah penduduk.

Konsul Penerangan Sosial dan Budaya Konsul Jendral RI di Hong Kong, Nunung Nurwulan, mengemukakan hal itu di Hong Kong saat menerima kunjungan kerja “overseas company visit” mahasiswa magister manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, Jumat.

“Hong Kong merupakan pusat jasa bisnis dan keuangan, pusat jasa bisnis, dan profesional serta pusat wisata. Pada 2011 tercatat ada 42 juta warga negara asing yang melakukan kunjungan ke Hong Kong,” katanya.

Nunun mengatakan, saat ini Hongkong tengah membangun West Kowloon Cultural District yang diharapkan selesai pada 2015 dan pada 2020 siap digunakan.

“Pusat budaya ini akan memberikan kesempatan kepada masing-masing negara untuk menampilkan atraksi budayanya termasuk budaya yang berasal dari Indonesia,” katanya.

Menurut Nunun, kegiatan Konsul Jendral RI di Hongkong saat ini fokus pada perlindungan TKI dan memfasilitasi kegiatan investasi WNI.

“Kami juga aktif pada kegiatan Flower Show di Victoria Park yang diselenggarakan setiap tahun antara 16 Maret hingga 25 Maret. Kami akan tampil di penutupan dengan dukungan Kementrian Pariwisata,” katanya.

Nunun juga menceritakan, para TKI (BMI Hong Kong) mempunyai semangat belajar yang tinggi untuk terus meningkatkan kualitas.

“Ada sekolah kesetaraan bagi para TKI untuk mendapatkan ijazah SMA, selain itu ada 80 TKI mengikuti Universitas Terbuka yang memperdalam Bahasa inggris dan Administrasi Niaga,” katanya.

Para TKI di HongKong, lanjut Nunun, banyak melakukan aktivitas dengan mengundang para tokoh, termasuk mendatangkan grup musik dan motivator entrepreneurship dari tanah air.

“Mereka sering melakukan kegiatan dengan sponsor perusahaan-perusahaan Indonesia yang ada di Hong Kong seperti BNI, Bank Mandiri, dan Garuda Indonesia,” katanya.

Saat tanya jawab dengan mahasiswa, Nunun mengatakan pihaknya saat ini juga memberikan kesempatan kepada provinsi di Indonesia untuk tampil pada Indonesia Promotion Center (IPC).

“Kami sudah memberikan surat kepada sejumlah gubernur di Indonesia, kalau mereka bisa menampilkan potensi daerahnya merupakan peluang yang bagus. Kabupaten Minahasa pernah tampil di KJRI Hongkong,” katanya. (ANTARA)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

One thought on “Orang Indonesia Jadi Warga Asing Terbanyak di Hong Kong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *