Beranda > Khazanah > Orang yang Shalat (Mestinya) Paling Bersih dan Jujur

Orang yang Shalat (Mestinya) Paling Bersih dan Jujur

Oleh: Ustadz Talqis Nurdianto [Kandidat Doktor Universiti Sains Islam Malaysia]

APAKAH kita termasuk orang yang paling bersih? Pertanyaan sederhana untuk diri kita dan harus dijawab. Seyogyanya, orang yang shalat itu paling bersih dan paling jujur. Dua nilai akhlak ini terlahir dari setiap Muslim yang menjalankan shalat.

Tidak sah shalat kita kalau tidak bersih pakaian yang dikenakan saat shalat, bersih tempatnya, dan bersih badannya dari najis. Salah satu dari ketiga unsur kebersihan tidak terpenuhi maka shalatnya batal. Semisal badan dan pakaian yang dikenakan shalat sudah bersih, kalau tempatnya ada najis maka tidak sah. Tempat shalatnya dan pakaian bersih tapi badannya ada najis yang menempel maka juga tidak sah shalatnya.

Oleh karenanya, orang yang shalat kalau kita periksa tempat tinggalnya maka akan mencerminkan kebersihan. Sekalipun kita cek kamar mandi orang ini, maka dia mempersilakan tanpa meminta kita untuk menunggu sebentar guna pembersihan dan dirapikan terlebih dulu.

Kebersihan ini seharusnya tercermin dari rumah bagian depan sampai pada bagian terbelakang dan tersembunyi sekalipun. Inilah salah satu cerminan dari shalat yang kita kerjakan. Termasuk juga, bahwa orang yang shalat adalah paling jujur.

Bisa kita perhatikan saat shalat berjamaah, siapa sangka orang berada di samping kita keluar dari shaf dikarenakan batal wudhunya lantaran dia buang angin. Kita yang berada di sampingnya tidak mendengar suara atau mencium baunya, orang depan dan belakangnya pun tidak tahu. Tapi Muslim yang shalat ini keluar dari shafnya dengan jujur.

Inilah dua nilai yang dilahirkan dari shalat yang sudah kita kerjakan. Sudahkah kita demikian itu? Allahu a’lam.

Semoga Bermanfaat!

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *