Beranda > Dunia Islam > Pastor Terry Jones Berencana Pidato Anti-Islam di Inggris

Pastor Terry Jones Berencana Pidato Anti-Islam di Inggris

DDHK News — Pendeta kontroversial asal Florida, AS, Terry Jones, berencana memberikan pidato anti-Islam di Inggris. Ia menerima undangan dari kelompok anti-Islam Inggris, England Is Ours (EIO), untuk berbicara di sebuah aksi unjuk rasa di Milton Keynes, Bucks.

Nama Terry Jones (58 thn) mendunia ketika ia menggagas “Hari Internasional Membakar Al-Quran” pada peringatan sembilan tahun serangan 9/11.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa Mei, sedang mempertimbangkan akan melarang pendeta asal gereja Dove World Outreach Center di Gainesville, Florida, itu memasuki negaranya.

Mohamed Suleman dari Asosiasi Muslim Milton Keynes, percaya kunjungan sang pendeta itu dapat merusak hubungan antar ras di Inggris.

“Belum pernah ada ketegangan antara Muslim dan non-Muslim di Milton Keynes dan kehadiran Jones hanya akan menyebabkan munculnya Islamofobia,” katanya seperti dikutip Small World News Service (19/1).

“Saya akan berusaha bersama-sama kelompok dari semua budaya yang berbeda untuk menghalangi dia datang. Kami tidak ingin racunnya menyebar di kota besar kami, ” tegas Suleman.

Matius Collins, juru bicara organisasi anti-fasis Searchlight, berpendapat, sangat tidak mungkin Terry Jones akan diizinkan memasuki Inggris.

“Ia ada di dalam daftar pengawasan Kementerian Dalam Negeri. Dia diundang oleh sebuah organisasi aneh bernama EIO yang berusaha untuk mendapatkan publisitas untuk diri mereka sendiri,” katanya.

Sebelumnya, organisasi anti-Islam Inggris, EDL (Liga Pertahanan Inggris), juga berencana mengundang Jones dalam aksi pada Februari, namun dibatalkan karena alasan yang tidak diketahui.

Kini Jones diundang untuk berbicara dalam serangkaian pertemuan EIO yang akan diadakan antara Februari 9 dan 16 Februari di Milton Keynes.  Jones akan berbicara menentang “ekspansi Islam” dan pembangunan Masjid di Inggris dalam sebuah acara umat Kristen dan di balai pertemuan lokal.

Barry Taylor, sekretaris kelompok EIO, mengatakan, kelompoknya yang beranggotakan 30-an orang mengundang Pastor Jones setelah undangan EDL dibatalkan.  “Kami senang Terry Jones akan mengunjungi kami dan berbagi pikiran dan ide. Kami ingin pembicara dengan pendapat politik yang berbeda,” kiah Taylor yang juga penentang pembangunan masjid. (Mel/SWNS/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *