Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Pastor Terry Jones Rencanakan Demo Anti-Islam

Pastor Terry Jones Rencanakan Demo Anti-Islam

Pastor Florida AS penggagas Hari Internasional Membakar Al-Quran, Terry Jones, berencana menggelar aksi demonstrasi anti-Islam di New York City sebelum perayaan 10 tahun serangan 11 September 2001.

Terry Jones mengatakan kepada MLive.com Michigan, ia dan pendeta lainnya, Wayne Sapp, akan “menunjukkan beberapa bahaya yang ada dari Al-Quran” dan berbicara tentang Islam radikal pada 10 September mendatang di suatu tempat di kota New York. Namun dia tidak menyebut lokasi tepatnya.

Jones mengatakan ia juga akan mengambil bagian dalam acara ground zero pada 11 September.

Pembakaran Al-Qur’an awal tahun ini di gereja Jones di Gainesville, Florida, memicu serangkaian aksi protes kekerasan yang menewaskan lebih dari selusin orang di Afghanistan.

Namun, rencana safari sang pendeta anti-Islam tersebut mendapat ganjalan dari walikota Lansing, Michigan. Menurut jadwal, Jones bakal berbicara kepada publik Langsing pada 7-8 September sebelum menuju New York.

“Segenap warga Lansing dan negara bagian Michigan menolak retorika penuh kebencian yang disampaikan sosok yang tidak memiliki kapasitas selayaknya pemuka agama,” papar Walikota Lansing, Virg Bernero, seperti dikutip lansingstatejournal.com (12/8).

Bernero mengatakan, apa yang disuarakan Jones bertentangan dengan nilai-nilai toleransi dan keragaman yang merupakan fondasi masyarakat dan negara AS.  Karena itu, ia bukanlah orang yang layak dipandang sebagai sosok pemuka agama lantaran pandangannya yang provokatif. “Ia pasti tidak diterima di kota ini,” kata dia.

Walikota Lansing, Virg Bernero, mengatakan akan membuat acara tandingan yang menekankan perdamaian, keragaman, dan toleransi. Saat ini, acara tandingan masih dalam proses.

Mahmoud Mousa, presiden Islamic Center of Greater Lansing, mengatakan ia mengajak Jones untuk makan siang bersamanya dan mengunjungi Islamic Center.

“Jika dia ingin benar-benar berpikiran terbuka dan berkomunikasi, saya selayaknya masyarakat beradab, ingin mengajak beliau berdiskusi sehingga tidak sekedar menyudutkan pihak tertentu,” kata Mousa.

Jones sempat menggemparkan publik dunia dengan ide gilanya membakar Al-Quran dalam peringatan tragedi 9/11 tahun 2010. Rencana Jones mengundang kritik keras dari seluruh dunia, termasuk Presiden Barrack Obama. Jones bahkan dicekal oleh sejumlah negara. (AP/Republika)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *