Beranda > Dunia Islam > Pebasket Muslimah Serukan Pencabutan Larangan Jilbab FIBA

Pebasket Muslimah Serukan Pencabutan Larangan Jilbab FIBA

IndiraKaljo-US-Faiths-Demand-Basketball-Religious-Outfit

IndiraKaljo-US-Faiths-Demand-Basketball-Religious-OutfitDDHK News, Amerika Serikat — Federasi  Bola Basket Internasional (FIBA) melarang pemain Muslimah mengenakan jilbab dalam pertandingan basket. Alasannya, untuk membuat pertandingan basket  bebas dari hal-hal yang berbau agama apa pun.

Larangan itu digugat dua pebasket Muslimah yang menilai FIBA berlaku diskriminatif. “Basket telah menjadi bagian integral dari kehidupan saya dan saya berdoa itu akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” kata pebasket Muslimah, Indira Kaljo, dalam sebuah surat kepada FIBA  yang diperoleh oleh OnIslam Selasa (19/8/2014).

Larangan jilbab FIBA dinilai menghancurkan mimpi pemain wanita Muslim berjilbab untuk berpartisipasi dalam pertandingan di luar negeri.

“Mengenakan jilbab selama olahraga sama sekali tidak berbahaya bagi pemain yang memakainya, atau pemain lain yang berpartisipasi. Jilbab justru memberikan jaminan keselamatan karena rambut tertutup, menjaganya agar tidak berayun bebas dan mungkin menjadi penghalang, ” tulis pebasket Muslimah lainnya, Bilqis Abdul-Qaadir, dalam surat FIBA.

“Saya pribadi bisa membuktikan bahwa saya tidak pernah mengalami cedera yang disebabkan oleh jilbab saya.

Seruan dua Muslimah itu mendapat dukungan dari kelompok advokasi Muslim terkemuka di Amerika, Council on American-Islamic Relations (CAIR) yang juga menyerukan agar FIBA memungkinkan jilbab dalam pertandingan basket.

“Jika larangan ini tidak dicabut, banyak Muslimah berjilbab dan laki-laki Sikh tidak akan bisa main basket dengan tetap memegang teguh keyakinan dan praktik keagamaan mereka,” kata Direktur Komunikasi Nasional CAIR, Ibrahim Hooper, dalam sebuah pernyataan Selasa (19/8).

Berbeda dengan FIBA, federasi sepakbola internasional (FIFA) telah mencabut larangan jilbab dan turban Sikh Maret lalu.

Pada Juni 2011, seorang wanita Muslim Atlanta diizinkan untuk bersaing dalam turnamen angkat besi internasional sambil mengenakan jilbab. (mel/onislam.net/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *