Beranda > BMI Menulis > Pekerja Migran Jadi Paskibra di Hong Kong

Pekerja Migran Jadi Paskibra di Hong Kong

SHOUSON HILL | HONG KONG – Perwakilan Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK), Sabtu, (17/8/2019), menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 di kediaman Konsul Jendral (Konjen) RI di Wisma Puri Mandiri, Shouson Hill. Kami, para mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Surabaya, peserta Student Outbond Mobility yang sedang magang di DDHK untuk mengabdi di Hong Kong, turut hadir mendampingi General Manager (GM) DDHK, Imam Baihaqi.

Upacara dilaksanakan pada jam 9 pagi waktu Hong Kong. Sebelumnya, tamu undangan berkumpul di Gedung Konsulat Jenderal Republik Inodnesia (KJRI) Hong Kong di Causeway Bay. Rombongan berangkat menggunakan bus yang disediakan menuju kompleks kediaman Konjen RI yang berlokasi di daerah Aberdeen. Setiba di lokasi, tamu undangan disambut dengan makanan ringan khas Indonesia, seperti roti kukus, risoles, onde-onde, serta kue lapis.

Selama menunggu upacara dimulai, tamu undangan bisa menikmati makanan yang telah disediakan. Juga, bisa berfoto dengan banner yang ada di halaman kediaman Konjen.

Prosesi upacara berlangsung dengan khidmat. Pengibaran bendera hingga pembacaan doa berlangsung dengan lancar.

Hal yang menarik di upacara peringatan HUT RI yang dilaksanakan di Hong Kong, melibatkan pekerja migran Indonesia (PMI) sebagai pasukan pengibar benderanya (Paskibra). Mereka disiapkan sejak tiga bulan sebelum acara berlangsung. Dengan persiapan yang matang, penampilan mereka tak beda dengan penampilan Paskibra di Tanah Air.

Setelah upacara usai, tamu undangan diperkenankan untuk berfoto bersama dan berramah tamah. Hidangan yang disediakan adalah kuliner Indonesia yang mengingatkan kita yang sedang berada di negeri rantau dengan rumah dan kampung halaman tercinta. Mulai dari es Manado hingga pecel tersedia.

Selepas kegiatan, saya segera bertolak ke daerah Yau Ma Tei, menuju acara selanjutnya bersama dengan GM DDHK. Kami menghadiri kegiatan yang diselenggarakan bareng oleh Dompet Dhuafa University dan DDHK: Wisuda Program Dompet Dhuafa University & Seminar Entrepreneur & Pendidikan 2019.

[Laporan: Achmad Nafal Firdaus Amru]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *