Beranda > Dunia Islam > Pemerintah Baru Yordania Rangkul Islamis dan Kelompok Kiri

Pemerintah Baru Yordania Rangkul Islamis dan Kelompok Kiri

DDHK News — Perdana Menteri Yordania yang baru, Maaruf Bakhit, membentuk kabinet baru dengan merangkul kalangan Islam dan kelompok kiri. Pemerintahan baru itu dibentuk setelah pembubaran pemerintah sebelumnya oleh Raja Abdullah II awal bulan ini.

Jajaran baru kabinet yang disumpah Selasa lalu, termasuk tokoh independen Islamis, Abdelrahim Akur. Mantan pemimpin oposisi Ikhwanul Muslimin Yordania ini ditunjuk sebagai kepala kementerian urusan Islam dan wakaf.
Dalam pemerintahan baru ini sejumlah menteri tidak diganti, seperti menteri luar negeri dan menteri dalam negeri.

Pihak oposisi, Front Aksi Islam, kepanjangan tangan politik Ikhwanul Muslimin, menyikapi pemerintahan baru itu dengan hati-hati, setelah menolak penawaran pada akhir pekan untuk bergabung dengan pemerintah baru.  Pemimpinnya, Hamzeh Mansur, mengatakan jajaran baru kabinet itu “seperti pendahulunya.”

“Tapi kami akan menunggu dan melihat apa yang dilakukannya sebelum membuat penilaian,” kata Mansur kepada AFP.  Mansur mengatakan, pihaknya memutuskan untuk tidak menerima tawaran untuk bergabung dengan pemerintahan baru. (Mel/AFP/Ma’an News/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *