Friday, December 14, 2018
Beranda > Dunia Islam > Pengadilan Jerman Larang Siswa Muslim Shalat di Sekolah

Pengadilan Jerman Larang Siswa Muslim Shalat di Sekolah

Pengadilan Federal Jerman melarang siswa Muslim shalat di sekolah, jika menimbulkan konflik di sekolah tersebut. Keputusan yang dikeluarkan pada Rabu (30/11) itu memperkuat keputusan pengadilan rendah yang menolak permintaan siswa Muslim untuk mendirikan mushala di sebuah sekolah menengah atas di Berlin.

Pengadilan Federal di Leipzig menyatakan, keputusan tersebut berlaku hanya untuk kasus tertentu dan harus memperhitungkan fakta bahwa sekolah memilik siswa dengan lima agama yang berbeda. Dijelaskan, larangan shalat baru berlaku jika bisa menyebabkan konflik religius di sekolah, seperti yang terjadi di Berlin.

“Dia (siswa) harus mau berdamai dengan keterbatasan ini. Sebagai muslim, sembahyang di depan publik dapat membahayakan hidup berdampingan secara damai antar berbagai agama di sekolah. Dengan koeksistensi (damai) ini belajar jadi bebas konflik. Itu berarti lingkungan akan memungkinkan untuk pelajaran secara terorganisir,” kata pengadilan dalam putusannya.

Selain itu, pengadilan berdalih, pendirian mushala yang diminta tidak bisa dipenuhi pihak sekolah karena keterbatasan tempat.

Keluarnya keputusan pengaidlan tersebut bermula dari kisah M. Yunus, seorang siswa Muslim, yang dilarang shalat Dzuhur di koridor sekolahnya di Berlin. Yunus yang tinggal di Berlin masih ada kesempatan untuk menantang keputusan itu di Mahkamah Konstitusi Federal negeri.  Namun, karena dalam waktu dekat Yunus akan masuk ke perguruan tinggi, ia menolak untuk mempersiapkan gugatan pada sekolahnya.

Menanggapi putusan tersebut, ahli tentang Islam, Sabine Damir-Geilsdorf dari Universitas Bonn, mengatakan, pihak sekolah biasanya memiliki pendekatan yang tidak kaku terkait tempat shalat bagi siswa Muslim. (Mel/Thepeninsulaqatar.com/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *