Beranda > Hong Kong > Pengajian Al-Muhaajiroh: Allah Mengabulkan Doa Kita Melalui Proses

Pengajian Al-Muhaajiroh: Allah Mengabulkan Doa Kita Melalui Proses

almuhaajiroh-hbDDHK News, Hong Kong — “Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar”. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqoroh:201).

Doa itu dikemukakan Ustadz Herman Budianto (da’i SDSB DDHK) dalam mengawali tausiyahnya di hadapan jamaah Majelis Al-Muhaajiroh Sabtu Tai Po di atas stasiun bus jembatan Tai Po Centre (2/2).

“Allah mengabulkan doa kita melalui proses, tidak langsung ketika kita berdoa maka terkabul doa kita tidak begitu,” tegasnya.

“Ketika kita berdoa, Allah mengukir hati kita, kita dipahat setiap hari (dididik oleh Allah). Allah bermaksud menjadikan hati kita lebih kuat dengan dilatih terlebih dahulu untuk menjadi baik semuanya butuh proses.”

Maka Allah mencuci dulu diberikan ujian, saat itulah Allah mencuci dosa. Setiap ujian yang diberikan kepada kita semua apa pun bentuknya itu semua niat baik Allah SWT.

Kita harus berprasangka baik kepada Allah: “Aku ini tergantung prasangka hamba-Ku, ketika hamba-Ku ingat kepada-Ku, maka aku ingat kepadanya”.

Maka ketika kita berdo’a saat itu Allah mempersiapkan proses kita untuk ujian lebih baik. Orang kalau sakit dan tidak ikhlas maka sakitnya lebih parah tetapi jika ikhlas maka terasa lebih ringan dan menjadi penghapus dosa-dosanya.

“Janganlah berprasangka buruk pada Allah, perbanyaklah istighfar, jangan sedikit-sedikit punya masalah ditulis di status Facebook, berdoalah kepada Allah,” tegas Ust. Herman seraya mengutip firman Allah, ”Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS. Ar-Ra’d (13) : 11).

Ust. Herman mengajak jamaah agar menjadikan masalah  sebagai pemicu kesuksesan, bukan pelemah, karena Allah melarang: “Janganlah kalian berputus asa karena putus asa adalah peruatan orang-orang kafir”.

Kita selalu dianjurkan untuk menggali-menggali doa untuk diamalkan sehabis selesei sholat. Setelah berdoa dan berusaha kita serahkan kepada Allah SWT untuk mendapat pertolongan dari Allah. Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat , kadang-kadang manusia melupakan Allah hanya mengandalkan otak dan fisik.

Barangsiapa bertawakal kepada Allah maka akan diberi kecukupan oleh Allah, Bagaimana caranya untuk mendapatkan pertolongan dari Allah, yaitu dengan membela agama Allah menjadi pintu kita untuk mendapat pertolongan dari Allah.

“Hai orang-orang mu’min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad:7).

Beliau juga mengatakan, kalau berdakwah itu hendaknya dengan kata-kata yang hikmah, jangan memakai kata-kata yang buruk, berkatalah dengan kata-kata yang sopan dan jika berdebat berdebatlah dengan baik. (Lutfiana Wakhid/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org)*.

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *