Beranda > Hong Kong > Penghuni Flat Hong Mei House, Tsing Yi, Dievakuasi karena Virus Corona Wuhan

Penghuni Flat Hong Mei House, Tsing Yi, Dievakuasi karena Virus Corona Wuhan

TSING YI | HONG KONG – Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) Depatemen Kesehatan Hong Kong, pada Selasa (11/2/2020) dini hari, mengevakuasi beberapa rumah tangga penghuni salah satu blok apartemen di Tsing Yi. Hal itu dilakukan, sebagaimana diberitakan lembaga penyiaran publik Radio Television Hong Kong (RTHK), setelah dua orang didiagnosis positif virus Corona Wuhan di sana, yang mengindikasikan adanya infeksi massal.

Dua kasus telah dicatat di Hong Mei House di Cheung Hong Estate. Kasus virus ke-12 di Hong Kong melibatkan penghuni gedung itu dan kasus baru yang diidentifikasi pada hari Senin (10/2/2020) merupakan seorang wanita yang tinggal di flat yang berada 10 lantai tepat di bawah flat pasien sebelumnya.

Hanya orang-orang yang tinggal di flat dengan nomor yang sama yang dievakuasi. Yaitu, flat nomor tujuh. Bangunan itu sendiri memeiliki 35 lantai dengan keberadaan flat dari lantai dua.

Staf kontrol CHP, Wong Ka-hing, mengatakan evakuasi yang dilakukan merupakan sekadar “tindakan pencegahan untuk keselamatan warga”, karena belum jelas bagaimana virus itu menyebar.

“Itu masih bisa berupa transmisi tetesan biasa atau transmisi kontak, tetapi ada faktor lingkungan, yang entah bagaimana terjadinya, karena mereka tinggal di gedung yang sama,” kata Wong. “Kita tidak bisa mengecualikan kemungkinan ini. Demi keselamatan penghuni, kami ingin mengevakuasi mereka terlebih dulu,” tambahnya.

42 Kasus di Hong Kong

Sejauh ini, sudah 42 kasus positif virus Corona di Hong Kong. Kasus terbaru, ke-42, merupakan satu dari enam kasus baru yang didiagnosis pada hari Senin. Putra dan menantu perempuan pasien juga menunjukkan gejala dan telah ditempatkan dalam ruang isolasi. Sedangkan suami dan cucunya, yang tidak memiliki gejala, akan dikarantina.

Karena indikasi penyebaran massal di tengah-tengah komunitas ini, mulai Selasa, insinyur dari Departemen Perumahan Hong Kong akan menyelidiki sistem pembuangan limbah yang ada di gedung tempat para pasien tinggal. [DDHKNews]

Sumber foto utama: RTHK dari Shutterstock

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *