Beranda > BMI Menulis > Penipuan via Telepon, Waspadalah!

Penipuan via Telepon, Waspadalah!

Oleh Yuni Winarsih

Mendapat SMS atau telpon penipuan sering terjadi di kalangan BMI Hong Kong, bahkan tak sedikit yang telah menjadi korbanya. Begitu juga aku, tak luput dari penipuan tersebut.

Sudah sering saya ditelepon oleh “unknow number” dan setiap saya angkat di seberang sana dengan segera memperkenlakan nama, tempat,  perusahan dia bekerja, dan memberi tahu saya bahwa aku menjadi salah satu member terpilih . Karena merasa belum pernah mendaftar, apalagi jadi member, aku pun berapa kali tak menghiraukan. Dengan berbagai alasan aku menutup telepon darinya.

Namun, suatu hari karena aku pikir masih suasan lebaran, di saat ada telepon dari nomor yang nggak jelas pun aku tetap angkat. Ternyata lagi lagi aku harus menerima telepon dari orang yang sama ahirnya aku putuskan untuk ikuti permaninan dia dengan caraku.

Setelah dia panjang kali lebar menjelaskan sungguh beruntungnya diriku, akhirnya dia meminta biodataku, dari nama lengkap, alamat majikan, hingga No. ID Hong Kong.

Aku pun ikut basa-basi, tanya kepada dia, apa “kerugian” kalau aku tidak mau menyebutkan apa yang dia butuhkan yang katanya untuk data agar dapat mudah untuk mengambil reward yang aku dapatkan

Dia kembali menjelaskan, bagaimana dan kenapa nomor HP-ku terpilih kembali. Saa bertanya, “Boleh tahu, Mbak sebagai staf di kantor yang mana?”, ia menjawab, “Maaf Mbak, saya bekerja di pusat, jadi tidak dapat menyebutkan alamat kami.”

“Oh, kalau gitu, boleh minta nomor telepon atau alamat cabang Mbak?” Ia mewnjawab, “Anda tidak perlu susah-susah menghubungi kantor kami Mbak karena nomer layanan servis selalu sibuk, makanya itu saya langsung hubungi Mbak untuk memudahkan pelanggan juga Mbak!”

Saya timpali, “Nah, kalau layanan servisnya saja selalu sibuk, gimana pelanggan bisa nyaman Mbak?”

“Mbak tinggal sebutin saja biodata Mbak, nah kalo pas Mbak libur Mbak bisa langsung ambil di kantor kami di Causeway Bay!”

“Bentar Mbak ya… Bagaimana saya bisa ke kantor yang ada di Causewa Bay kalau Mbak tidak sebutin alamat kantornya, ‘kan saya gak tahu daerah Causeway Bay, dan dengan demikian saya bisa ajak teman-teman saya jadi member ‘kan dengan begitu pihak kantor Mbak ndak perlu repot-repot menelpon satu per satu pelanggan?” jawab saya.

Denga  nada ngotot, ia menjawab, “Mbak sebutin aja dulu…! Nanti setelah data semua terkumpul, saya akan tunjukan kepada Mbak di kantor mana Mbak bisa mengambil rewardnya untuk mengenalkan kepada teman Mbak juga bisa sebutin nama dan nomor telepon teman Mbak, nanti kalau mereka beruntung, kami juga akan menghubungi mereka, Mbak ini dah beruntung loh mbak sebagai nomor yang terpilih.”

“Ok kalo begitu, mau Mbak, saya pun akan memberitahu biodata saya kepada Mbak kalo mbak sebutin setidaknya nama Mbak dan di kantor mana Anda bertugas…”

Suara hening di saluran telepon pun berlalu, hingga dua menit, akhirnya saya ucapakan “Wassalamu ‘alaikum…”

Hati-hatilah jika mendapatkan telepon atau SMS dari nomor yang tidak dikenal. Polisi Hong Kong sudah mempringatkan BMI agar waspada terhadap aksi penipuan lewat SMS dan telepon. (Yuni Winarsih, BMI Hong Kong/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *